Percantik Rambut Lurusmu, Ini 7 Cara Agar Rambut Sehat Alami Berkilau dan Bebas Rontok Tanpa ke Salon

Senin 20-05-2024,07:44 WIB
Reporter : Aisyah Auliyaunnisa
Editor : Wahyu Hidayat

Maka yang perlu kamu lakukan adalah membuat jadwal untuk secara rutin membersihkan kulit kepala. membersihkan kepala dengan menggunakan shampo, namun juga jangan terlalu sering.

Kamu bisa mengatur jadwal shampoan 2 sampai 3 kali dalam seminggu. 

Untuk mobil yang sama juga pastikan kamu memilih shampo dengan kandungan bahan-bahan yang lebih alami seperti tea tree oil, chamomile, atau minyak kemiri. Sehingga dapat membersihkan kulit kepala tanpa merusak keseimbangan alami dari kepala.

Untuk pemilihan shampo juga pastikan kamu memilih kandungan dan manfaat shampo yang sesuai dengan jenis dan masalah rambutmu. Jadi jangan menggampangkan dan asal menggunakan shampo untuk rambut. 

Semisal untuk kamu yang punya rambut kering maka pilihlah shampo dengan kandungan bahan-bahan yang melembabkan seperti argan oil. Sedangkan kamu yang punya rambut berminyak pilihlah kandungan yang bisa membantu mengontrol produksi minyak seperti tea tree oil.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Kondisioner Rambut Tanpa Bilas Praktis Yang Bikin Rambut Sehat Berkilau, dan Mudah Diatur

BACA JUGA:Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Cuma Pakai 1 Jenis Buah Rambut Sehat dan Tidak Mudah Rontok

3. Gunakan Air Dingin saa Membilas Rambut 

Selanjutnya setiap setelah menggunakan shampo, dan hendak membilasnya kamu bisa memilih untuk menggunakan air dingin jika ingin punya rambut yang berkilau. Karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan saat membilas rambut dengan air dingin. 

Di antara manfaat utamanya, air dingin akan membantu menutup kutikula atau pelindung rambut setelah shampoan.

Hal ini akan membuat rambut terlihat lebih halus dan berkilau. Selain itu membilas rambut dengan menggunakan air dingin akan mengunci kelembaban rambut, sehingga rambut menjadi kering dan mengembang. 

4. Gunakan Sisir yang Tepat 

Cara ini terbilang belum banyak dilakukan orang, karena masih banyak orang yang sembarang memilih sisir untuk menata rambut. Padahal penggunaan sisir yang tepat sesuai dengan jenis rambut punya peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. 

Untuk rambut lurus memang lebih fleksibel dalam memilih sisir. Karena hampir semua jenis sisir bisa digunakan oleh jenis rambut ini. 

Yang bisa kamu perhatikan saat rambut dalam kondisi basah hindari menyisir rambut. Karena dapat membuat rambut rusak. 

Saat dalam keadaan setengah kering kamu bisa menggunakan sisir dengan bergigi lebar agar menghindari kerutan dan rambut kusut.

Kategori :