Dilantik Serentak, Bawaslu Batang Minta PKD Bisa Tunjukkan Integritas dan Netralitas dalam Pilkada 2024

Sabtu 01-06-2024,12:04 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID  - Hari Ini Sabtu 1 Juni 2024, Sebanyak 248 Pengawas Kelurahan Desa (PKD) se Kabupaten Batang dilantik di masing-masing kecamatan. Bawaslu Kabupaten Batang, meminta agar seluruh anggota PKD ini bisa menunjukkan netralitas dan integritas mereka dalam pelaksanaan Pilkada 2024. 

"Mereka harus menujukkan integritas dan netralitas mereka. Jangan cuma di dalam hati atau lisan saja. Harus benar-benar ditunjukkan. Apalagi mereka seorang Pengawas," Jelas Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Batang Ahmad Farikhin saat mengikuti pelantikan PKD Kecamatan Batang di Aula Kampoeng Kalisalak. 

BACA JUGA:Bawaslu Batang Perpanjang Pendaftaran PKD Pilkada 2024 di 78 Desa

Ia berharap, anggota PKD diharapkan bisa berlaku sesuai dengan Pakta Integritas dan mendalami regulasi pelaksanaan pengawasan. Mereka juga diharapkan nantinya bisa koordinasi dengan lintas sektor, dan juga nantinya mereka juga bisa menjadi supervisi bagi anggota PTPS. 

Farikhin menyebut para PKD sebentar lagi mereka akan menjalankan tugas tahapan pengawasan pemutakhiran data. Dimana saat ini, daftar pemilih untuk Pilkada 2024 sudah disampaikan KPU ke PPK masing-masing kecamatan. Sehingga nantinya dari PKD diharapkan bisa berkoordinasi dengan PPPK dan PPS untuk mengawasi pemutakhiran data pemilih. 

BACA JUGA:Siap Dilantik, Bawaslu Batang Umumkan 248 Pengawas Kelurahan Desa Terpilih Pilkada 2024

Ketua Panwascam Kecamatan Batang, Syaiful Khodirin menyebut pihaknya hari ini melantik 21 PKD. Dimana untuk 17 diantaranya sudah pernah menjadi PKD, dan 4 diantaranya merupakan PKD baru. 

"Yang baru ada dari Klidang Lor, Proyonanggan Tengah, Proyonanggan Selatan dan Kecepak," ujarnya. 

BACA JUGA:Sah Dilantik Bawaslu Batang, Segini Besaran Honor 45 Panwascam Batang untuk Pilkada 2024

Untuk memantapkan materi dan kompetensi para Pengawas, pihaknya akan menggelar bimtek. Hal ini juga lantaran adanya perbedaan regulasi dan tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 dengan Pemilu 2024 lalu.

"Terkait materi, aturan dan regulasi, serta tahapannya tentu berbeda dengan pelaksanaan Pemilu 2024 lalu. Sehingga nantinya di Pilkada 2024 ini tetap ada bimtek dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para PKD," tandanya. (nov) 

Kategori :