Tip #Cari_Aman Rawat Motor Setelah Perjalanan Jauh Ala Honda Jateng

Minggu 23-06-2024,18:36 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

7. Cek Kedua Ban

Ban depan dan belakang merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang harus dilakukan pengecekan, mengingat fungsinya yang begitu vital dalam menopang beban motor dan menjaga traksi kendaraan ke permukaan jalan. 

Hal yang perlu dicek dari ban sepeda motor adalah kondisi fisik, dimana tidak adanya sobek, lubang, maupun tidak aus atau botak. Terkait dengan keausan ban, salah satu cara pengecekannya bisa dengan melihat Tread Wheel Indicator (TWI) yang berbentuk tanda panah. Jika permukaan ban sudah menyentuh tanda panah tersebut, artinya karet ban sudah menipis dan perlu diganti.

Selain itu, perhatikan pula tekanan anginnya apakah sudah sesuai dengan standard yang disarankan oleh pabrikan. 

Oke Desiyanto selaku Senior Supervisor Safety Riding Astra Motor Jateng mengatakan, "Untuk menjaga performa motor tetap optimal, maka pengendara sangat disarankan untuk melakukan langkah-langkah perawatan di atas. 

Namun, jika dirasa sulit untuk dikerjakan sendiri,  para pengguna sepeda motor bisa segera membawa kendaraan ke bengkel resmi terdekat. Dan selalu lakukan  pemeriksaan dan perawatan rutin  di bengkel AHASS,  agar seluruh  fitur dan komponen sepeda motor  bisa bekerja secara optimal.

Ada baiknya memanfaatkan pula layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu dalam melakukan service", kata Oke. (")

Kategori :