Warga Kebonagung Kajen Swadaya Iuran Untuk Bangunan Jalan

Selasa 25-06-2024,11:06 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPREKALONGAN.DISWAY.ID - Aksi warga RT.02 RW.08 Dusun Mekaragung Kebonagung Kecamatan Kajen tergolong unik. Mereka melakukan aksi swadaya untuk pengecoran jalan di dusun mereka karena selama ini akses jalan menuju ke pemukiman dianggap rusak dan tak layak. 

Warga menganggap pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Kebonagung tidak menyasar sesuai kebutuhan tiap dusun. Hingga akhirnya mereka melakukan gerakan swadaya untuk memperbaiki jalan yang rusak.

Bahkan dari penuturan salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan, warga sudah mengusulkan kepada Kepala Desa Kebonagung untuk memperbaiki jalan yang selama ini rusak parah. 

Namun hingga saat ini aspirasi mereka tidak terealisasi. Hal inilah yang membuat masyarakat kecewa dan warga sepakat untuk memperbaiki jalan dengan sistem swadaya. Karena warga merasa kuranya diperhatikan dalam pembangunan.

"Jalan itu kan penting. Sangat membantu dalam tumbuh kembangkan program perekenomian. Tapi kami tidak diperhatikan. Makanya kami sepakat untuk melakukan aksi swadaya pengecoran jalan", terangnya.

Pengecoran jalan warga RT.02 RW.08 Dusun Mekaragung Kebonagung sendiri menelan anggaran sekira 150 jutaan dan sumber dananya murni dari iuran warga. Warga secara ikhlas menyisihkan uangnya demi mendapatkan akses jalan yang layak karena merasa pihak desa tidak ada perhatian.

"Kemarin pas ada legenonan, warga sepakat tidak mau bayar iuran. Kami kompak sedukuh nggak mau bayar karena ada kebutuhan lebih penting daripada urusan ruwat bumi," tambah dia.

Tags :
Kategori :

Terkait