KKN-T Inovasi IPB Edukasikan Budikdamber Warga Desa Jagung

Selasa 09-07-2024,16:16 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Inovasi Institut Pertanian Bogor (KKN-T Inovasi IPB) 2024 memberikan edukasi Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) kepada warga Desa Jagung Kecamatan Kesesi. Edukasi digelar di Area Pertanian terpadu setempat. 

Adapun dalam edukasi warga yang tergabung dalam PKK, Karangtaruna, petani itu diberikan tata cara Budikdamber lele. Diantaranya teknik pengembangan dari aquaponik yang mana ikan dan tanaman dapat tumbuh dalam satu instalasi. 

Kegiatan Budikdamber lele dilaksanakan untuk meningkatkan perekonomian serta mendukung prot ketahanan pangan. Sebab, Desa Jagung Kecamatan Kesesi memiliki potensi untuk pengembangan perikanan dan pertanian. 

Budikdamber yang merupakan teknik akuaponik menggabungkan budidaya ikan dan tanaman dalam satu wadah. Jenis ikan yang dibudidaya contohnya adalah lele, nila, dan gurame. Tanaman yang diterapkan misalnya kangkung, sawi, dan pokcoy.

Budikdamber tersebut juga merupakan salah satu bentuk inovasi di Desa Jagung yang diinisiasi oleh mahasiswa IPB University di bidang budidaya perikanan. Dengan begitu KKN-T Inovasi dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang telah didapatkan dari kampus kepada masyarakat. 

Edukasi juga dihadiri langsung oleh Kepala Desa Jagung, Kecamatan Kesesi, Ade Fernando Binarluhur Budi, Perangkat Desa dan Perwakilan BPD. 

Koordinator KKN-T Inovasihn IPB Desa Jagung Kecamatan Kesesi Kabupaten Pekalongan, Birrbik Faza Muhammad menyampaikan kegiatan Budikdamber ini merupakan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Selain itu juga sebagai bentuk implementasi ilmu kepada masyarakat. 

"KKN-T Inovasi ini merupakan salah satu kegiatan pengabdian yang dibawahi oleh Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim IPB University atau DPMA," katanya. 

Melalui edukasi Budikdamber kali ini masyarakat dapat secara mandiri atau terinspirasi untuk menetapkan atau mengembangkan Budikdamber di lingkungan sekitar rumah.

Tags :
Kategori :

Terkait