DPU Taru Kabupaten Pekalongan Segera Garap Jalan Rusak, Inilah Beberapa Ruas Jalan yang akan Digarap

Selasa 16-07-2024,10:07 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN,RADARPEKALONGAN.CO.ID – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU Taru) Kabupaten Pekalongan akan segera menggarap beberapa ruas jalan rusak yang dikeluhkan warga. Ruas jalan rusak yang akan dikerjakan itu diantaranya ruas Jalan Kertoharjo – Karangdadap, Kemplong – Rowoyoso, dan Ruas Blacanan – Depok (Kecamatan Siwalan).

Pemkab Pekalongan berkomitmen menuntaskan pekerjaan perbaikan ruas-ruas jalan di Kabupaten Pekalongan. Bahkan, Pemkab Pekalongan telah mengusulkan perbaikan ruas Jalan Kertoharjo - Karangdadap yang mengalami rusak kategori sedang ke Bappenas. 

Hal itu disampaikan oleh Kepala DPU Taru Kabupaten Pekalongan, Murdiarso, melalui Kabid Bina Marga, Ahmad Al Faruq, Selasa, 16 Juli 2024. 

Faruq menerangkan, DPU Taru Kabupaten Pekalongan pada tahun 2023 sudah mengusulkan perbaikan ruas Jalan Kertoharjo - Karangdadap lewat Dana Inpres. Bahkan, Bupati didampingi kepala DPU Taru dan kabid terkait bertemu langsung dengan kepala Bappenas. Menteri menjanjikan dana sebesar Rp 28 Miliar untuk perbaikan ruas jalan tersebut. 

"Kami masih menunggu,” jelas Faruq. 

Baca juga:Cek Jalan Rusak, Bupati Pekalongan Sebut akan Diperbaiki Tahun Depan

Usulan dana Rp 28 M ini direncanakan untuk pelebaran jalan dengan beton dan aspal di atasnya. Dari jalan yang tadinya lebar 5 meter, dilebarkan menjadi 7 meter. Hal ini sesuai ketentuan Kementerian PU bahwa untuk ruas jalan kabupaten yang merupakan jalan kategori kelas 3 minimal memiliki lebar badan jalan 5,5 meter. 

Selanjutnya, apabila sampai Juli ini belum ada jawaban dari Bappenas, DPU memastikan pihaknya akan melakukan perbaikan ruas Jalan Kertoharjo - Karangdapdap sepanjang 5 km tersebut dengan menggunakan anggaran pemeliharaan rutin.  

"Nanti kami sisir dan di minggu ini kita akan action. Harapannya, pengguna jalan bisa nyaman dan bisa mengurangi kecelakaan. Diperkirakan waktu pengerjaan sekitar satu sampai dua minggu. Insya Allah hari ini atau besok kita kirim material ke lapangan," ujarnya. 

Dikatakan, Dinas PU Taru juga akan menganggarkan dana APBD tahun 2025 sekitar Rp 5 M untuk perbaikan ruas jalan Kertoharjo - Karangdadap tersebut.

DPU Taru Kabupaten Pekalongan, kata dia, sudah pernah mendapatkan Dana Inpres untuk perbaikan dua ruas jalan dengan nilai Rp 20 M di tahun 2023 lalu. "Kami berharap tahun 2024 bisa mendapatkan dana untuk perbaikan ruas Kertoharjo - Karangdadap dan yang lainnya," harap Faruq.

Selain ruas Jalan Kertoharjo – Karangdadap, pekerjaan rehabilitasi ruas Jalan Kemplong - Rowoyoso sepanjang 150 meter dan lebar 4 meter hingga 5 meter akan dilaksanakan di bulan Juli - Agustus ini, dengan anggaran sebesar Rp 800 juta.  

Sementara itu, untuk jalan berlubang di jalan Pasar Wiradesa - Kampil dengan panjang sekitar 2 km saat ini sudah ditambal dengan pekerjaan pemeliharaan rutin.  

Selanjutnya, pekerjaan ruas jalan Blacanan - Depok dengan anggaran Rp 2,5 M akan dilaksanakan segera di Juli ini. "Pekerjaan ini merupakan lanjutan dari tahun 2022. Ruas Jalan Blacanan menuju Boyoteluk sepanjang 1,2 km dibangun dengan konstruksi rigid beton disertai peninggian jalan 70 cm," jelasnya.  

Faruq meminta masyarakat agar bersabar terkait perbaikan jalan. "DPU Taru sebenarnya sudah berusaha untuk melayani masyarakat secara maksimal tapi semua harus melewati tahapan mulai perencanaan, usulan dan sebagainya sehingga kami berharap masyarakat untuk bersabar," pintanya. 

Kategori :