Sah Jadi Anggota, Saka Adhyasta Pemilu Siap Jadi Pengawas Partisipatif Pemilihan Serentak 2024

Rabu 17-07-2024,11:23 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Sebanyak 34 anggota sah dilantik menjadi anggota Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu Pramuka Kwarcab Batang. Anggota angkatan ketiga ini, diharapkan bisa menjadi bagian dari pengawas partisipatif pada pemilihan serentak 2024. 

"Pramuka merupakan generasi muda yang idealistis. Kalau kita bekerja sama, tentu pengawasan akan berjalan lebih maksimal," ujar Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur saat diwawancarai usai kegiatan Pengambilan Badge Saka Adhyasta Pemilu di Agrowisata Selopajang Batang. 

BACA JUGA:Viral Video Mesum di Cafe Pantai Sigandu Batang, 200 Gazebo Ditertibkan Aparat Gabungan

Pamong Saka Adhyasta Pemilu Pramuka Kwarcab Batang, Dul Kholik dan Yeni Istiqomah menyebut program ini diharapkan dapat memberikan edukasi pencegahan dan pengawasan pemilu bagi anggota, dan juga lingkungan sekitar anggota. Para anggota terpilih nantinya diharapkan bisa memberikan sosialisasi kepada rekan sejawat, dan ikut terlibat dalam pengawasan partisipatif. 

"Sebelum dilantik menjadi anggota, mereka sebelumnya telah diberikan  materi terkait Sosialisasi Kepengawasan Partisipatif, Krida pencegahan, Krida pengawasan, dan Krida penanganan pelanggaran. Kemudian setalah itu mengikuti pengambilan Badge dan nantinya akan mengikuti latihan rutin selama 6 bulan," imbuhnya. 

BACA JUGA:Ahli Klowong Batik Tulis Rifa'iyah Tersisa Tiga Orang

Nantinya setelah melakoni serangkaian latihan rutin, mereka nantinua diharapkan bisa mempraktekkan pengetahuan mereka terkait pengawasan, untuk mendukung pengawasan partisipatif dalam pemilihan serentak. 

"Untuk menjadi anggota Saka, maksimal berumur 25 tahun. Tiap tahun alhamdulillah peminatnya meningkatmeningkat dari tahun ke tahun. Hanya saja untuk tahun ini memang kami batasi menyesuaikan dengan kuota tempat penyelenggaraan kemah," pungkasnya.(nov) 

Kategori :