Ini Dia Tanda-tanda Menopause yang Perlu Diketahui Para Wanita, Salah Satunya Rambut Rontok dan Kulit Kering

Jumat 19-07-2024,15:11 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Dony Widyo

Perubahan siklus tersebut meliputi durasi menstruasi lebih pendek atau lebih lama, jeda antarmenstruasi lebih cepat atau lebih lambat, dan volume darah yang dikeluarkan dapat lebih banyak atau lebih sendikit. 

Perubahan siklus menstruasi ini lama-lama akan berujung pada berhenti menstruasi. Meskipun demikian, berkonsultasi dengan dokter tidak menjadi persoalan untuk memastikan kondisi. 

3. Penurunan Gairah Seksual

Beberapa wanita mengalami penurunan gairah seksual saat menjelang masa menopause. Akan tetapi, beberapa wanita tidak mengalami perubahan gairah menopause meskipun sudah menopause.

Sebab, saat menopause, sensitivitas klitoris mengalami penurunan terhadap rangsangan. Selain itu, penurunan gairah seksual diakibatkan oleh vagina yang menjadi lebih kering. 

Kondisi vagina yang lebih kering dapat menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan suami istri. Kondisi tersebut diakibatkan oleh hormon estrogen dan progesteron yang mengalami penurunan.

BACA JUGA:Inilah Manfaat Pisang Cavendish bagi Kesehatan Tubuh Kita yang Jarang Diketahui, Apa Saja Ya Manfaatnya?

BACA JUGA:Mau Tahu Manfaat Makan Pisang Cavendish Untuk Kebugaran Tubuh yang Jarang Diketahui? Ini Dia Beberapanya

4. Rambut Rontok dan Kulit Kering

Rambut mengalami kerontokan merupakan hal wajar yang dialami wanita seiring bertambahnya usia. Selain itu, beberapa kondisi tubuh mengalami perubahan seperti kulit menjadi lebih kering dan tipis.

Rambut lebih mudah rontok dapat terjadi sebab kadar hormon estrogen mengalami penurunan. Meskipun demikian, tidak disarankan untuk menggunakan produk perawatan bahan kimia yang kuat.

5. Masalah Psikologis

Menjelang menopause, beberapa hormon mengalami perubahan. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kondisi emosi dan psikologis para wanita. 

Masalah psikologis yang dialami para wanita menjelang menopause seperti lebih mudah sedih, mudah tersinggung, mood swing, atau bahkan mengalami kecemasan.

BACA JUGA:Berikut Manfaat Kesehatan dari Rutin Konsumsi Daun Pepaya yang Harus Kamu Tahu, Penasaran Apa Saja? Ini Jawaba

BACA JUGA:Mau Tahu Manfaat Daun Pepaya Bagi Kebugaran Tubuh Kita yang Jarang Diketahui? Ini Dia Beberapa di Antaranya

Kategori :