BPI Gandeng Disperindagkop dan UKM Batang Gelar Pelatihan Pembukuan Keuangan untuk KUB Kader Kesehatan

Selasa 23-07-2024,17:12 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

BATANG - Untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) kembali menggelar pelatihan pembukuan keuangan dasar.

Pelatihan ini digelar bagi 14 Kelompok Usaha Bersama (KUB) kader kesehatan di sekitar PLTU Batang, dan dilaksanakan di Caffe Dewa Dewi Sigandu pada hari Rabu Tanggal 17 Juli 2024.

General Manager Stakholder Relation Aryamir Sulasmoro BPI menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas administrasi keuangan para pelaku usaha kecil, agar lebih tertib dan transparan dalam pengelolaan keuangan kelompok.

Selain itu juga untuk membantu pengadaan PMT (pemberian makanan tambahan) posyandu dari hasil sisa usaha secara mandiri serta membantu anggota untuk mendapatkan pinjaman modal dalam usahanya.

“Pelatihan ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal. Pembukuan keuangan yang baik adalah fondasi bagi kesuksesan usaha. Dengan memiliki keterampilan ini, saya yakin KUB akan mampu mengelola usaha dengan lebih efektif, memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang. Harapan saya pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis yang bisa langsung diterapkan," kata Aryamir Sulasmoro.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (DISPERINDAGKOP & UKM) Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif program CSR BPI dan manyambut baik kepedulian BPI kepada masyarakat dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa datang. 

"BPI telah menjadi salah satu parameter kegiatan CSR yang patut dicontoh bagi perusahaan lain di Batang. Pelatihan ini menjadi dasar bagi kelompok usaha agar lebih tertib dalam administrasi keuangan, sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan usaha mereka," terang Wahyu Budi.

Selama pelatihan, para peserta mendapatkan materi tentang prinsip-prinsip dasar pembukuan keuangan, pencatatan transaksi, dan penyusunan laporan keuangan sederhana.

Para peserta juga mendapatkan praktik langsung untuk menerapkan ilmu yang didapatkan dalam kegiatan sehari-hari mereka.

BPI berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui berbagai program CSR.

Perusahaan akan terus berupaya menciptakan inisiatif yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan membantu meningkatkan kesejahteraan Masyarakat sekitar. 

"BPI berkomitmen untuk mendukung pembangunan komunitas dan keberlanjutan lingkungan melalui berbagai inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan,," tandas 

Kategori :