Halal Center UMPP Sukses Gelar Pelatihan Juleha, Teknik Penyembelihan Hewan Sesuai Syariah

Selasa 30-07-2024,16:43 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

Radarpekalongan.co.id- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Divisi Halal Center Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (UMPP) bekerjasama dengan Auditor Halal LPH-KHT Muhammadiyah, Instruktur Juleha BNSP Level 4,  dan Penyelia Halal belum lama ini (15/6/2024) sukses menggelar kegiatan pelatihan Pelatihan Juru Sembelih Hewan (Juleha) sesuai dengan syariah dan kaidah serta regulasi yang terbaru.

BACA JUGA:Pudam Sendang Kamulyan Ditargetkan Dapat Berikan Layanan Air Bersih di Seputaran KIT Batang

Bertajuk Peningkatan kompetensi dalam pelaksanaan tindakan penyembelihan hewan halal sesuai dengan syariat Islam dan ketentuan terbaru ini diikuti oleh 30 peserta yang berprofesi sebagai juru sembelih halal, tidak hanya dari Pekalongan namun juga Pemalang hingga Tegal.

BACA JUGA:19 PAC Geruduk DPC Gerindra Kabupaten Pekalongan, Arus Bawah Desak Catur Andriansah Maju di Pilkada 2024

Kepala LPPM UMPP, Nuniek Nizmah Fajriyah melalui Ketua panitia sekaligus Kepala Divisi Halal Center UMPP, Yulian Wahyu Permadi, mengatakan bahwa latar belakang dari kegiatan pelatihan ini yaitu bagi umat islam, mengkonsumsi produk yang halal merupakan sebuah kewajiban termasuk mengkonsumsi daging yang halal. Daging halal diperoleh dari hewan halal yang boleh dikonsumsi dengan proses penyembelihan yang sesuai dengan syariat islam. 

BACA JUGA:Gerak Cepat Usai Terima Rekomendasi, Mustofa Jajaki Koalisi dengan Partai Lain untuk Pilwalkot Pekalongan

"Dalam proses penyembelihan, peran Juleha atau Juru Sembelih Halal ini sangat penting demi terlaksananya penyembelihan hewan sesuai dengan syariat islam dan ketentuan perundang- undangan yang berlaku guna menghasilkan daging yang aman, sehat, utuh dan halal (sesuai syariat islam)," ungkap dia.

BACA JUGA:Kantongi Rekomendasi DPP PAN, Mustofa Siap Maju Pilwalkot Pekalongan

Pihaknya menjelaskan tujuan kegiatan pelatihan ini nantinya para peserta akan memiliki kompetensi sebagai juru sembelih halal sesuai persyaratan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

BACA JUGA:UMPP Terjunkan Mahasiswa KKN di Kabupaten Pekalongan

Pelatihan ini juga turut menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidangnya untuk mengkaji mengenai kompetensi juru sembelih halal, penerapan kesehatan dan keselamatan kerja, serta pemeriksaan fisik hewan dan kesiapan hewan untuk disembelih. Mereka diantaranya Dr. apt.Diniatik, M.Sc., Dr. Ade Rusman, S.PT, MM, M.Si., serta Ir. Regawa Bayu Pamungkas , M.T.

BACA JUGA:Giat Pengabdian Masyarakat UMPP, Gelar Kelas Catin: Calon Pengantin Bisa Cegah Stunting

Terselenggaranya bimtek ini juga turut di dukung dari berbagai pihak, mulai dari Rektor UMPP, PDM Kabupaten Pekalongan, LazisMu Daerah Kabupaten Pekalongan beserta para sponshorship sebanyak 17 institusi. (Adv/ap3)

 

Kategori :