Pesona Jawa Tengah! 5 Destinasi Wisata Dieng yang Terkenal, Lengkap dengan Jam Buka dan Harga Tiket

Sabtu 03-08-2024,20:47 WIB
Reporter : Nadia Rahmasari
Editor : Dony Widyo

Destinasi wisata Dieng yang terkenal urutan kedua adalah Sumur Jalatunda. Sumur Jalatunda merupakan sebuah sumur yang berdiameter sepanjang 90 meter dengan kedalaman 100 meter yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Prau Tua.

Konon katanya, sumur ini sering dijadikan sebagai tempat untuk mengabulkan permohonan oleh para pengunjung. Masyarakat setempat meyakini, barangsiapa yang mampu melempar batu hingga ke sisi seberang sumur dan melintasi permukaan sumur maka permintaan orang tersebut akan terkabul.

Masyarakat setempat juga meyakini bahwa sumur merupakan pintu menuju Sapta Pratala (bumi lapis ketujuh). Sumur Jalatunda buka setiap hari dari jam 06.00-17.00 dengan tiket masuk seharga Rp 5 ribu.

Lokasi: Desa Pekasiran, Kec. Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Bosan Ke Puncak Bogor Terus, 5 Tempat Wisata Air di Bogor Ini Bisa Kamu Kunjungi untuk Berlibur dengan Keluarg

BACA JUGA:Daya Tarik Jawa Timur! 5 Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan untuk Melepas Penat

3. Gardu Pandang Tieng

Destinasi wisata Dieng yang terkenal urutan ketiga adalah Gardu Pandang Tieng. Gardu Pandang Tieng merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan panorama Gunung Sindoro dari dekat.

Disana, wisatawan akan disambut dengan hamparan ladang dan pemukiman pegunungan dari atas ketinggian. Gardu Pandang Tieng dapat dijadikan tempat bersantai terbaik untuk menikmati panorama matahari terbit dan terbenam yang romantis.

Gardu Pandang Tieng buka setiap hari dan 24 jam dengan tiket masuk seharga Rp 10 ribu.

Lokasi: Jalan Dieng, Desa Tieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Pesona Jawa Tengah! 5 Destinasi Wisata Hits di Salatiga, Ada yang Tiketnya Gratis Lho

BACA JUGA:5 Destinasi Wisata Alam Pandeglang Banten di Jawa Barat Terbaik dan Hits untuk Liburan Keluarga di Akhir Pekan

4. Gunung Prau

Destinasi wisata Dieng yang terkenal urutan keempat adalah Gunung Prau. Gunung Prau terletak di ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut.

Bagi Anda yang suka mendaki, maka Gunung Prau akan sangat cocok untuk dikunjungi. Pada puncak Gunung Prau, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah berupa lautan awan, panorama matahari terbit hingga lanskap berbagai gunung di sekitarnya.

Kategori :