Olimpiade Pertanian Indonesia 2024, Ada Golden Tiket Masuk Fakultas Pertanian IPB

Minggu 04-08-2024,22:01 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KENDAL,RADARPEKALONGAN.CO.ID - Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Fakultas Pertanian (Faperta) IPB bekerkerjasama dengan Himpunan Alumni IPB DPC Kendal mengadakan kegiatan canvassing Olimpiade Pertanian Indonesia (OPI) 2024 untuk wilayah Kendal, Pekalongan, Batang, Pemalang dan Semarang. 

Kegiatan canvassing Olimpiade Pertanian Indonesia 2024 dilaksanakan di Aula SMAN 1 Kendal, Sabtu, 3 Agustus 2024. Kegiatan dibuka oleh perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Jawa Tengah, Wagiyo. 

Acara dihadiri sekitar 100 orang yang berasal dari siswa-siswi dan guru SMA/MA yang berada di wilayah Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Semarang.   

Wakil Ketua HA IPB DPD Jawa Tengah, Samsul Ulum, mengatakan sangat menyambut baik acara tersebut. Ia berterima kasih pada IKA Faperta karena telah menjadikan Jawa Tengah sebagai salah satu canvassing OPI tahun 2024.  

Samsul berharap, dari acara OPI tahun 2024 ini akan ada perwakilan dari siswa-siswa di wilayah Kendal dan sekitarnya yang bisa mendapatkan golden tiket menjadi mahasiswa Fakultas Pertanian IPB.

Kepala Sekolah SMAN 1 Kendal, Yoshi R, menyampaikan rasa terima kasihnya karena SMAN 1 Kendal dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan canvassing OPI 2024 untuk wilayah Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang dan Semarang. Yoshi berharap acara dapat berlangsung dengan lancar dan bermanfaat bagi semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. 

Perwakilan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Jawa Tengah, Wagiyo, mengatakan, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Provinsi Jawa Tengah sangat mendukung kegiatan ini, karena dari kegiatan ini akan meningkatkan peringkat sekolah terutama bagi sekolah yang berprestasi pada kegiatan OPI. 

Wagiyo juga berharap ada peserta dari wilayah Cabang Dinas Kendal ada yang bisa meraih juara di salah satu cabang yang diperlombakan pada OPI 2024. 

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan kegiatan canvassing OPI 2024. Acara ini dipandu oleh senior alumni IPB dari Kendal, Cahyanto. Canvassing diawali pengenalan Fakultas Pertanian IPB oleh Kepala Program Studi Smart Agriculture Prof Awang Maharijaya. 

Awang menjelaskan sejarah Fakultas pertanian IPB, program studi, serta prestasi yang sudah diraih oleh Fakultas Pertanian IPB, dan suskes stori dari alumni Fakultas Pertanian IPB.

Acara canvassing kedua adalah sosialisasi kegiatan OPI 2024 yang dibawakan oleh Ketua Umum IKA Faperta IPB Octen Suhadi. Octen menjelaskan, kegiatan OPI ini merupakan kegiatan pertama di Indonesia, dimana dari kegiatan OPI ini nantinya akan ada golden tiket untuk masuk ke Fakultas Pertanian IPB. 

Kegiatan OPI terdiri dari beberapa lomba diantaranya lomba cepat tepat, gagasan tertulis, fotografi pertanian dan vidiografi pertanian. Kegiatan OPI juga dijadikan sebagai sarana penjaringan siswa berbakat untuk dapat kuliah di kampus IPB. 

Untuk penyisihan lomba akan dilakukan secara online. Sedangkan babak semifinal dan final akan dilaksanakan di IPB Bogor pada akhir Oktober 2024. Semua akomodasi peserta ke Bogor akan ditanggung oleh panitia.

Rangkaian kegiatan canvassing OPI 2024 di wilayah Kendal, Pekalongan, Batang, Pemalang dan Semarang ini dapat terlaksana salah satunya berkat dukungan dari SMAN 1 Kendal, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII Jawa Tengah, Yayasan Lansekap Nusantara Hijau, Jameela Kaliwungu dan Fokma Bahurekso Kendal.

Kategori :