Pelaku Usaha UKM di Pekalongan Diajak Buat Konten Digital Promosi Produk Unggulan

Rabu 07-08-2024,11:04 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

Radarpekalongan.co.id- Dalan upaya mendukung perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Pekalongan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dindagkop-UKM) menggelar workshop pembuatan konten digital promosi produk unggulan yang berlangsung di aula Kantor Dindagkop-UKM setempat.

BACA JUGA:5 Tempat Glamping di Tawangmangu, Karanganyar yang Bisa Digunakan untuk Bulan Madu atau Staycation Bersama Kel

Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni 6-7 Agustus 2024 ini diikuti 30 pelaku usaha binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan TP PKK Kota Pekalongan bergerak di bidang batik, fashion batik dan kuliner.

BACA JUGA:Hari Pertama Kejuaraan Tarkam Kemenpora 2024, Kecamatan Kandangserang dan Kedungwuni Raih Juara

Kepala Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Supriono melalui Kepala Bidang Perdagangan, Fitria Yuliani Kartika, mengatakan para peserta akan diajarkan cara membuat konten visual berupa foto produk, membuat infografis produk hingga desain menggunakan aplikasi canva.

BACA JUGA:Inilah Identitas 4 Korban Meninggal Akibat Kecelakaan Fortuner Terjun ke Jurang di jalur Bawang-Dieng

“Target kami UKM bisa membuat katalog produk yang menarik untuk diupload pada platform pemasaran digital mereka masing-masing untuk memperluas pangsa pasar dan membranding merk produk mereka. Sehingga masyarakat lebih percaya dan tidak ragu membeli produk UKM lokal,” ungkapnya, usai pembukaan workshop, Selasa (6/8/2024).

BACA JUGA:Update Terbaru Daftar HP Turun Harga di Agustus 2024, Cuma 2 Jutaan dapat Ex Flagship! 

Lebih lanjut, Fitria menjelaskan bahwa workshop pemasaran online ini rutin digelar oleh Pemerintah Kota Pekalongan. Seperti di tahun sebelumnya telah digelar jenis pelatihan serupa dengan pemanfaatan platform digital seperti shopee, facebook dan tiktok shop sedangkan pada tahun ini mengikuti perkembangan digital, UKM diberikan bekal pembuatan konten digital menggunakan canva," jelas dia.

BACA JUGA:Penjual Bendera Merah Putih di Pekalongan Mulai Ramai Berjualan, Omset Bahkan Meningkat

“Untuk tindak lanjutnya, di tahun depan rencananya akan ada katalog produk unggulan kota pekalongan yang nantinya akan kita promosikan ketika pameran lokal, nasional atau internasional. Harapan kami produk UKM bisa go global” tandasnya. (Ap3)

Kategori :