Ini Dia Bahan Alami Yang Bisa Membantu Mengatasi Kebotakan, Cukup Gunakan Jus Bawang dan Lidah Buaya

Kamis 15-08-2024,07:38 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Dony Widyo

Biotin ditemukan dalam berbagai makanan seperti telur, bibit gandum, dan sayuran hijau. Makanan ini mengandung sejumlah besar biotin. 

3. Sow Palmetto

Saw palmetto merupakan salah satu jenis pohon palem yang tumbuh luas di negara-negara beriklim hangat, yaitu di pesisir tenggara Amerika Serikat.

Manfaat yang bisa didapatkan dari saw palmetto adalah karena kandungan asam lemak esensial di dalamnya. Ekstrak dari tanaman ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang bermanfaat

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa itu mencegah pemecahan hormon testosteron pria, yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut.

Meskipun tidak jelas seberapa baik palmetto bekerja pada rambut, diyakini aman dan murah.

4. Minyak biji labu

Konsumsi minyak biji labu secara teratur membantu menumbuhkan rambut.

Ini karena minyak biji labu dapat menghambat produksi testosteron dalam senyawa yang disebut DHT, yang berhubungan dengan kerontokan rambut.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa minyak labu dapat membantu dalam memerangi kebotakan.

Para peneliti menemukan bahwa pria yang mengonsumsi 400 miligram minyak labu selama 6 bulan mengalami peningkatan rata-rata jumlah rambut sebesar 40 persen.

Semua pria memiliki riwayat androgenic alopecia, atau kebotakan. Hal ini disebabkan fakta bahwa mereka tidak mengonsumsi suplemen untuk rambut rontok antara usia 20 dan 65 tahun.

5. Teh hijau

Bahan alami yang bisa membantu mengatasi kebotakan selanjutnya adalah teh hijau. Ekstrak yang berasal dari komponen teh hijau diketahui dapat membantu berbagai masalah kesehatan, termasuk rambut rontok.

Senyawa ini disebut EGCG dan mendorong pertumbuhan rambut.

Hal ini dibuktikan dalam penelitian pada tikus botak yang diberi ekstrak hijau selama 6 bulan, namun tidak diujicobakan pada manusia. 

Kategori :