UMPP Edukasi Kesehatan dan Bimbingan Bagi Anak Imigran Indonesia di Kampung Baru Kuala Lumpur

Kamis 15-08-2024,15:57 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

Radarpekalongan.co.id- Tim pengabdian masyarakat skema pengabdian internasional yang diketuai oleh Nuniek Nizmah Fajriyah, M. Kep., Sp. KM dari prodi diploma III Keperawatan fakultas ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan telah melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema “Merajut Masa Depan Cerah melalui Edukasi Kesehatan dan Bimbingan Belajar untuk Anak Imigran Indonesia di Kampung Baru Kuala Lumpur”.

BACA JUGA:Kejuaraan E-Sport Gatotkaca Starlight Fakultas Teknik UMPP Tournament, Inilah Juaranya

Nuniek mengungkapkan program pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari catur dharma perguruan tinggi UMPP terutama dalam pengabdian masyarakat, dengan dukungan pendanaan dari RisetMu Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah

Anak-anak imigran Indonesia di Kampung Baru, Kuala Lumpur, seringkali kurang mendapatkan akses terhadap pendidikan kesehatan dan layanan pendidikan yang memadai.

BACA JUGA:Prodi Profesi Bidan UMPP Gandeng Puskesmas Doro 1 Gelar Program Kesehatan Mental untuk Dukung ASI Eksklusif

“Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi anak-anak imigran dengan memberikan pendidikan kesehatan dasar dan bimbingan belajar kepada anak-anak imigran," ujar Nuniek, dalam keterangan yang dibagikan, Kamis (15/8/2024).

BACA JUGA:Halal Center UMPP Sukses Gelar Pelatihan Juleha, Teknik Penyembelihan Hewan Sesuai Syariah

Nuniek menjelaskan, program ini diharapkan dapat membantu anak-anak imigran meningkatkan kualitas hidup mereka, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik. 

BACA JUGA:UMPP Terjunkan Mahasiswa KKN di Kabupaten Pekalongan

Seperti diketahui, Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah setiap tahun memberikan fasilitasi dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) se Indonesia melalui kegiatan pengabdian masyarakat skema Hibah Riset Nasional Muhammadiyah (RisetMu). 

BACA JUGA:Giat Pengabdian Masyarakat UMPP, Gelar Kelas Catin: Calon Pengantin Bisa Cegah Stunting

"Hal ini menjadi komitmen Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dalam memberikan dukungan atas pelaksanaan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah," jelasnya.

BACA JUGA:UMPP Launching Pojok Statistik UMPP

Kegiatan ini juga telah mendapatkan dukungan Pendanaan dan Pelaksanaan Hibah Riset Nasional Muhammadiyah Batch VII Tahun 2024 dengan nomor kontrak 0258.298/I.3/D/2024.

BACA JUGA:Ribuan Civitas Akademika UMPP dan Pelajar Muhammadiyah di Pekalongan Gelar Aksi Bela Palestina

Kategori :