Paripurna Hari Jadi ke-402 Kabupaten Pekalongan, Abdul Munir Sampaikan Konsep Pembangunan Berkelanjutan

Senin 26-08-2024,09:29 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-402 Kabupaten Pekalongan, DPRD Kabupaten Pekalongan gelar Paripurna Hari Jadi ke-402 Kabupaten Pekalongan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pekalongan, Minggu, 25 Agustus 2024.

Paripurna dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan Abdul Munir, didampingi Wakil Ketua Sementara DPRD Ruben. Dihadiri Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq, Wakil Bupati Pekalongan, Riswadi, Sekda M Yulian Akbar, Forkopimda, jajaran DPRD, kepala OPD, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Ashraff Abu, pewakilan kades, tokoh masyarakat, dan ormas.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Sementara Kabupaten Pekalongan Abdul Munir menyampaikan, peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-402 tahun 2024 mengambil tema 'Terus Melaju Untuk Pembangunan Berkelanjutan'. 

Konsep pembangunan berkelanjutan, kata dia, merupakan pembangunan berwawasan jangka panjang. Yang meliputi jangka waktu antargenerasi dan berupaya menyediakan sumber daya yang cukup dan lingkungan yang sehat sehingga dapat mendukung kehidupan yang lebih baik. 

"Kemunculan konsep ini berkaitan erat dengan kesadaran tentang tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, dengan inti pada kepentingan ekonomi," kata Munir. 

Baca juga:Kapolres Pekalongan Hadiri Apel Besar Hari Jadi Ke-402 Kabupaten Pekalongan, Pakai Baju Tradisional Beskap

Konsep ini, lanjut dia, mengandung asumsi bahwa sifat sebuah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat harus didasarkan atau sesuai dengan perencanaan infrastrukturnya.

Menurutnya, aspek penting dari pembangunan berkelanjutan adalah penekanan proses partisipatif. Oleh karena itu, pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Pekalongan tidak hanya diasumsikan sebagai suatu kebijakan yang lahir dari minoritas kecil teknokrat atau pembuat kebijakan saja namun menekankan peran penting masyarakat Kabupaten Pekalongan. 

Dengan demikian, bagian penting yang menjadi penekanan dalam menciptakan pembangunan berkelanjutan adalah bagaimana menyertakan beragam pemangku kepentingan dalam penentuan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana melakukannya.

"Melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-402, kami seluruh anggota DPRD Kabupaten Pekalongan mengajak segenap komponen masyarakat untuk terus bekerja keras, bergotong-royong, bahu membahu, serta bersinergi mendukung suksesnya pelaksanaan pembangunan Kabupaten Pekalongan," kata dia. 

"Kami juga berharap masyarakat memiliki rasa bangga terhadap daerahnya. Kebanggaan itulah yang menjadi dukungan dan dorongan dalam mewujudkan kemajuan daerah," ujar dia.

Tema peringatan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan ke-402 diharapkan menjadi suntikan semangat yang memotivasi dan mendorong semuanya, untuk berubah dan bangkit mewujudkan kesejahteraan serta kemajuan Kabupaten Pekalongan.

Pasalnya, kata dia, pemerintah daerah tidak dapat bekerja sendiri. Butuh dukungan serta partisipasi dari seluruh komponen masyarakat, agar pelaksanaan program-program unggulan dapat berjalan lancar dan sukses.

Kategori :