2 Pasangan Cabup - Cawabup Pilkada Kabupaten Pekalongan Jalani Tes Kesehatan di RSUP Dr Kariadi Semarang

Minggu 01-09-2024,20:17 WIB
Reporter : Rifki
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dua Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pekalongan, Hj. Fadia Arafiq - H. Sukirman dan Pasangan H. Riswadi - H. Muhammad Amin, menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat-Sabtu atau 30-31 Agustus 2024. Pemeriksaan kesehatan merupakan bagian dari tahapan pendaftaran Pilkada 2024.

Dua Paslon untuk kontestasi Pilkada 27 November 2024 mendatang mengikuti pemeriksaan kesehatan yang meliputi tes kesehatan fisik, kesehatan kejiwaan, serta tes narkoba. Pemeriksaan kesehatan tersebut menjadi salah satu tahapan persyaratan pendaftaran Pilbup/ Pilwabup Kabupaten Pekalongan setelah berkas pendaftaran diterima oleh KPU. 

Adapun kedua Paslon menjalani pemeriksaan di Gedung Garuda Instalasi Eksekutif RSUP Dr Kariadi Semarang selama dua hari. 

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Lailatul Izah menyampaikan ini hari kedua total empat bakal Calon Bupati atau Wakil Bupati melaksanakan tes sesuai dengan rangkaiannya. 

"Ke empat Bakal Calon melaksanakan semua tes kesehatan. Tes kesehatan itu baik jasmani mulai dari tes kesehatan dalam kemudian psikologi maupun narkoba, ada sekitar 20 item mungkin," katanya. 

Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, Syafiq Naqsyabandi menambahkan pemeriksaan ada sekitar 20 item, namun untuk yang membedakan kalau perempuan itu ada Papsmir USG. 

"Banyak sekali intinya pemeriksaan dari atas sampai bawah sampai dalam itu ada semuanya. Kemudian untuk hasilnya akan kami terima sekira tanggal 3 atau 4 September 2024. Jadi nanti kesimpulan dari Tim Pemeriksa itu mampu atau tidak mampu dalam menjalankan tugas sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati," imbuhnya. 

Sementara Bakal Calon Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq yang selesai menjalani pemeriksaan kesehatan pertama mengakui tes banyak banget sekali mulai dari Kepala di city scane, tes IQ tes Psikologi dan lainnya. 

Sedangkan untuk yang paling lama tes Psikologi sekitar 1 jam setengah. 

"Persiapan khusus tidak ada karena ini sudah yang keberapa kalinya jadi terbiasa. Untuk durasi hampir sama dengan cek kesehatan sebelumnya sebelumnya malah ini yang lain belum selesai kita sudah keluar dahulu," ungkapnya. 

Senada dengan Bakal Calon Wakil Bupati Pekalongan, Sukirman. Ia mengatakan pemeriksaan mulai dari Fisik kemudian intelektual kemampuan daya tarik, spiritual dan macam macam, semua memang betul betul dites diuji. 

"Kemarin kita tes yang pertama tes kemampuan menganalisa kemudian beruntun mulai dari dalam cek darah dan seterusnya laboratorium kepala, psikotes juga kemampuan mendengar, menyerap ucapan ucapan orang. Sebelumnya persiapan sudah dipesenin untuk puasa istirahat yang cukup," ujarnya. 

Sementara Bakal Calon Bupati Pekalongan, Riswadi menyampaikan dirinya dengan Pak Amin sudah mengikuti tahapan tes kesehatan dari hari kemarin dan ini hari kedua. 

"Harapannya kami lolos. Saya kira kami lewat tidak ada penyakit yang membahayakan. Tes paling lama itu adalah psikologi namun treatment ini paling lama nunggu satu hari," katanya. 

Bakal Calon Wakil Bupati Pekalongan, H. Muhammad Amin mengatakan tes kesehatan salah satu tahapan yang harus dilalui jadi memang betul kalau pemimpin itu harus sehat jasmani atau rohani, oleh karena itu kita ada tes psikologi tes kesehatan ada lebih 20 tes. 

Tags :
Kategori :

Terkait