SDN 01 Pekuncen Gelorakan Gerakan SIAP, Kurangi Minuman Berkadar Gula Tinggi

Senin 02-09-2024,08:22 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Sebagai upaya untuk mengurangi minuman berkadar gula tinggi, SDN 01 Pekuncen di Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, melaksanakan Gerakan Sehat Minum Air Putih (SIAP), Sabtu, 31 Agustus 2024.

Para siswa-siswi, guru, dan karyawan di SDN 01 Pekuncen berupaya menekan konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi seperti soda, jus kemasan, dan minuman energi.

Hadir dalam Gerakan SIAP tersebut Korwil Pendidikan Kecamatan Wiradesa, Puskesmas Wiradesa, dan Kepala Sekolah SDN 01 Pekuncen Wiradesa Rahmad Kurniyadi. Hadir pula jajaran komite sekolah, paguyuban kelas, serta guru dan para siswa. 

Kepala Sekolah SDN 01 Pekuncen, Rahmad Kurniyadi, mengatakan, penyediaan fasilitas air minum tersebut merupakan salah satu bagian dari kampanye sekolah serta progam dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan. 

Program ini ditargetkan untuk seluruh siswa SDN 01 Pekuncen, dari kelas 1 hingga 6.

Baca juga:Peringati HSN, Pengurus Ranting NU Kelurahan Pekuncen Gelar Jalan Sehat

"Melalui kegiatan ini, diharapkan semua siswa dapat memahami pentingnya konsumsi air putih dan mengurangi kebiasaan mengonsumsi minuman manis kemasan. Selama ini kan anak-anak bawa air minum sendiri, namun kurang karena jam sekolah sampai siang, juga cuaca yang panas," katanya. 

Program Sehat Minum  Air Putih (SIAP) di SDN 01 Pekuncen mewajibkan para pelajar untuk minum air putih minimal 2 gelas setiap hari di sekolah. 

Siswa didorong untuk menjauhi minuman manis kemasan yang memiliki kadar gula tinggi. Sebab, minuman berkadar gula tinggi meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes di masa depan.

"Keberhasilan program ini akan menjadi pondasi kuat bagi siswa untuk menerapkan gaya hidup sehat yang akan mereka bawa hingga dewasa," ujar dia.

Kategori :