Inilah Gejala dan 4 Cara Mencegah Paru-Paru Basah pada Anak yang Efektif Agar Terjauh dari Penyakit Ini!

Jumat 13-09-2024,16:01 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Untuk itu, jangan lupa untuk memberi vaksin yang lengkap untuk sang buah hati terlindung dari virus atau bakteri penyebab paru-paru basah.

2. Menjaga Jarak dengan Orang yang Terinfeksi

Cara mencegah paru-paru basah pada anak yang kedua adalah menjaga jarak dengan orang yang terinfeksi paru-paru basah.

BACA JUGA:3 Efek Daun Kelor yang Berbahaya Bagi Tubuh! Mau Tau?

BACA JUGA:Ternyata Berbahaya! Ini 3 Efek Samping Teh Daun Kelor, Apakah Kamu Merasa Efek Ini?

Selain berbahaya, paru-paru basah ini merupakan salah satu penyakit yang menular. Penularannya ini bisa melalui percikan ludah atau udara ketika seseorang sedang bersin, batuk, maupun berbicara.

Selain harus menjaga jarak orang yang terinfeksi paru-paru basah, para orang tua juga wajib menjauhkan si kecil dari orang perokok aktif. Karena asap rokok juga bisa menyebabkan seseorang terjangkit paru-paru basah, terlebih pada anak-anak.

Karena anak-anak memiliki daya imun yang belum sempurna sehingga mudah terserang penyakit mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang berbahaya.

3. Mencuci Tangan

Seperti yang dituliskan sebelumnya bahwa menjaga kebersihan menjadi salah satu cara mencegah paru-paru basah pada anak. Nah, salah satu hal menjaga kebersihan adalah mencuci tangan.

BACA JUGA:Awas! Yuk Ketahui 12 Gejala Paru-Paru Basah pada Anak dan Cara Mengatasinya Sejak Dini Sebelum Parah

BACA JUGA:Ternyata Bisa Mencegah Bronkitis! Inilah 3 Manfaat Daun Sirih Hijau untuk Mengatasi Masalah Saluran Pernapasan

Sering-seringlah mencuci tangan. Terutama sebelum menyiapkan dan memakan makanan, setelah bersin (menggunakan tangan untuk menutupnya), dari kamar mandi, mengganti popok bayu, dan bersentuhan dengan orang yang sakit.

Di sini, kalian bisa mencuci tangan menggunakan air hangat dan sabun agar mampu mencegah virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh saat tangan bersentuhan dengan hidung atau mulut/

4. Tidak Berbagi Alat Makan

Ajarkan anak untuk berbagi peralatan makan, cangkir, atau seditan dengan orang ain. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri yang mungkin saja didapatkan oleh orang lain.

Kategori :