Harumkan Nama Batang, Kiromal Katibin dan Fadhzilatul Al Azmi Gondol Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024

Jumat 13-09-2024,20:01 WIB
Reporter : Novia Rochmawati
Editor : Dony Widyo

BATANG, RADAR PEKALONGAN - Dua atlet Kabupaten Batang, Kiromal Katibin dan Fadhzilatul Al Azmi sukses mengharumkan nama Batang di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Tak tanggung-tanggung, keduanya sukses menggondol emas di cabang olahraga (cabor) panjat tebing dan petanque. 

"Alhamdulillah dua atlet Batang di Cabang olahraga Panjat Tebing dan Petanque berhasil meraih medali emas," ungkap Ketua KONI Kabupaten Batang, Soetadi, saat diwawancarai Jumat, 13 September 2024.

BACA JUGA:Nikmati Makan Siang Sepuasnya di Hotel Kiyana Premiere Batang Hanya Rp44.999, Menu Beragam

Kiromal Katibin, si pemanjat tebing asal Batang, mencuri perhatian dengan aksi memukau di nomor speed WR perorangan putra. Dengan kecepatan kilat 4,33 detik, ia tidak hanya meraih emas, tetapi juga memecahkan rekor PON yang sudah ada. Prestasi gemilang Kiromal tidak berhenti di situ, ia juga menyumbangkan medali perak di nomor beregu speed WR relay putra.

Sementara itu, di arena petanque, Fadhzilatul Al Azmi mengharumkan nama Batang dengan medali emas di nomor shooting women. Keberhasilan dua atlet ini menjadi bukti nyata potensi besar yang dimiliki putra-putri Batang.

"Prestasi ini bukan hanya tentang medali. Ini adalah kisah tentang perjuangan, dedikasi, dan kebanggaan daerah," imbuhnya. 

BACA JUGA:Dorong Merdeka Literasi, Disperpuska Batang Gelar Aneka Lomba dan Jalin Kerjasama Lintas Sektor

Soetadi menjelaskan, Kabupaten Batang mengirimkan enam atlet terbaiknya ke PON XXI, masing-masing mewakili cabang olahraga panjat tebing, petanque, para motor, dan bola voli. 

"Meski tidak semua meraih medali, semangat mereka untuk mengharumkan nama Batang patut diacungi jempol," tandasnya. 

Pengurus KONI Kabupaten Batang, Putut Husamadiman menyebut para atlet ini sebagai pahlawan yang telah mengharumkan nama Kabupaten Batang.

"Kepulangan mereka akan diarak dan dimeriahkan. Ini juga untuk memotivasi junior-juniornya agar tetap semangat berlatih meraih prestasi," jelasnya.

Kemajuan signifikan terlihat jelas dalam perolehan medali Batang. Sekretaris KONI Batang, Karyono, membandingkan adanya peningkatan prestasi atlet Batang dibandingkan pelaksanaan PON sebelumnya. 

BACA JUGA:Mulai Hari Ini, Bawaslu Batang Buka Rekrutmen 1.257 Pengawas TPS

"Di PON Papua lalu, kita hanya meraih satu perak dan empat perunggu. Kali ini, dua emas satu perak. Prestasi olahraga di Kabupaten Batang sudah lebih bagus dari tahun-tahun sebelumnya," ujarnya. 

Saat ini PON XXI masih berlangsung, harapan masih menyala bagi atlet-atlet Batang lainnya yang masih bertanding. Seperti Desi, atlet panjat tebing di nomor boulder, dan tim petanque masih berjuang keras untuk menambah koleksi medali. (nov) 

Tags :
Kategori :

Terkait