Jangan Dilakukan, Inilah 5 Kebiasaan yang Merusak Mesin Mobil Diesel, Wajib Diperhatikan!

Minggu 15-09-2024,18:32 WIB
Reporter : Naufal
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Jika kamu pemilik mobil diesel baru, beberapa kebiasaan yang merusak mesin mobil diesel ini perlu kamu ketahui, agar kamu bisa lebih berhati-hati.

Mobil yang memiliki mesin diesel, memang dikenal memiliki ketahanan yang sudah tidak perlu diragukan lago, dan juga memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik.

Namun, demi menjaga performa mesin dan agar umur mesinnya panjang, kamu harus memperhatikan beberapa kebiasaan yang merusak mesin mobil diesel ini, berikut beberapa kebiasaan tersebut.

BACA JUGA:Pemilik Wajib Tahu, Inilah 5 Mobil yang Masih Bisa Mengisi BBM Jenis Pertalite, Mesin 1.500 Cc ke Bawah!

BACA JUGA:5 Rekomendasi Helm yang Cocok untuk Pengendara Motor Honda Vario

1. Menyepelekan Perawatan Berkala

Kebiasaan yang merusak mesin mobil diesel, yang mungkin sering tidak disadari oleh pemilik baru adalah, menyepelekan perawatan berkala pada mesin.

Sama seperti mobil bensin, mobil diesel pun memerlukan perawatan yang rutin, seperti pergantian oli, filter udara, filter bahan bakar dan juga sistem pendingin.

Jika pengendara mengabaikan perawatan ini, tentu saja akan menyebabkan komponen kotor dan partikel menempel di dalam mesin, hasilnya akan menyebabkan kerusakan yang serius.

BACA JUGA:Persiapan Musim Hujan! Inilah 5 Rekomendasi Jas Hujan Anti Rembes dan Terbaik 2024 untuk Bapak-Bapak

BACA JUGA:Yamaha R15 Connected 2024 Cocok Menjadi Pilihan Buat Kamu yang Ingin Tampil Gaya, Harganya Cukup Terjangkau!

2. Tidak Memanaskan Mesin Terlebih Dahulu

Terlihat sepele, namun bisa merusak mesin sampai fatal, yaitu dengan tidak memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum digunakan.

Seringkali, banyak pengemudi yang terburu-buru ketika mulai melakukan perjalanan, tanpa memberikan waktu pada mesin untuk pemanasan yang cukup, terutama di pagi hari atau cuaca dingin.

Perlu dipahami, bahwa mesin diesel memerlukan waktu untuk memanaskan oli di mesinnya sebelum mencapai suhu operasi yang optimal.

Kategori :