Luar Biasa, Inilah 6 Khasiat Daun Bawang untuk Kesehatan! Mulai dari Mencegah Sembelit sampai Mencegah Kanker

Rabu 18-09-2024,11:41 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Dony Widyo

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat daun bawang yang luar biasa untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Pengidap kolesterol tinggi ada baiknya untuk menambahkan daun bawang dalam menu sehari-hari. Meskipun daun bawang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat, mengonsumsinya saja tidak cukup. 

Menjalankan pola hidup sehat dan pola makan sehat tetap harus dilakukan supaya kadar kolesterol jahat dalam tubuh tidak naik. Pola hidup sehat yang dapat dilakukan seperti olahraga secara teratur, mengurangi makanan berlemak, serta banyak makan buah dan sayur.

BACA JUGA:4 Makanan yang Dilarang untuk Penderita Paru-Paru Basah, Yuk Hindari Agar Tidak Semakin Parah!

BACA JUGA:Inilah 5 Pantangan Penderita Paru-Paru Basah Agar Tidak Semakin Parah, Yuk Sembuhkan Pneumonia Segera!

4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Stabil

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, daun bawang diketahui dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Daun bawang mengandung senyawa allicin dan kalium. 

Kedua senyawa tersebut dapat menjaga pembuluh darah tetap lentur serta menjaga kerja otot jantung. Dengan demikian, tekanan darah tetap stabil.

5. Meredakan Peradangan dan Nyeri pada Sendi

Khasiat daun bawang yang luar biasa selanjutnya adalah dapat meredakan peradangan dan nyeri pada sendi. Sebab, daun bawang mengandung beberapa senyawa dan nutrisi yang bersifat antiradang.

Senyawa dan nutrisi yang bersifat antiradang dalam daun bawang seperti asam amino, fenol, tannin, kuersetin, dan allicin. 

BACA JUGA:Inilah 5 Pantangan Penderita Paru-Paru Basah Agar Tidak Semakin Parah, Yuk Sembuhkan Pneumonia Segera!

BACA JUGA:Inilah Sederet Cara Ampuh Hilangkan Pecah-pecah di Kaki Secara Sederhana

6. Mencegah Kanker

Manfaat daun bawang yang sangat penting selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Daun bawang mengandung senyawa aktif allicin yang bersifat antikanker. 

Kategori :