Pro Kontra di Desa Selama 15 Tahun, Kodim Pekalongan Wujudkan Impian Warga Desa Talun Buka Jalan Tembus

Jumat 27-09-2024,20:26 WIB
Reporter : Hadi Waluyo
Editor : Dony Widyo

KAJEN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Setelah mengalami pro kontra dengan pemilik lahan di desa selama 15 tahun, Kodim Pekalongan akhirnya bisa wujudkan impian warga Desa Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, buka jalan tembus ke Desa Donowangun.

Kodim Pekalongan melaksanakan kegiatan karya bakti dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-79 tahun 2024, Jumat, 27 September 2024.

Kegiatan ini berupa pembuatan jalan penghubung antara Desa Talun dan Desa Donowangun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan, dengan panjang mencapai 1.082 meter.

Kegiatan karya bakti ini melibatkan sekitar 280 personel dari berbagai elemen, termasuk TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Trantib Kecamatan Talun, serta masyarakat setempat. Selain itu, organisasi masyarakat dan pelajar turut berpartisipasi dalam kegiatan gotong-royong ini.

Baca juga:Babinsa Koramil Doro Bersama Warga Desa Dororejo Buat Jalan Tembus Antar Dukuh

Dandim 0710 Pekalongan, Letkol Inf Rizky Aditya, hadir langsung memimpin acara ini, didampingi oleh sejumlah pejabat, seperti Pabung 0710 Pekalongan, Danramil 16/Talun, Kapolsek Talun, Kasi Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD Kabupaten Pekalongan, Kepala Desa Talun serta perangkat desa setempat.

Dalam kesempatan itu, Letkol Rizky menyampaikan jalan tembus itu selain untuk jalan pertanian, juga untuk mempermudah akses masyarakat dan memperkuat konektivitas antar desa sehingga jalur ke arah kota lebih cepat. 

"Kegiatan ini dalam rangka HUT TNI ke-79 dan merupakan wujud sinergi antara TNI dengan masyarakat dalam membangun wilayah dan meningkatkan kesejahteraan seperti di Desa Talun ini," ungkapnya.

Dikatakan Dandim Pekalongan, masyarakat setempat menyambut positif kegiatan ini dan sangat luar biasa, mengingat jalan yang dibuka akan mempermudah akses transportasi dan mobilitas warga sehari-hari. 

"Kita bersama-sama bersinergi TNI-Polri dan instansi bersama masyarakat membangun akses jalan dan setelah jadi harus dirawat bersama-sama," katanya.

Kepala Desa Talun, Zaenudin Fanani, memberikan apresiasi kepada Kodim 0710 Pekalongan yang telah mendukung pembangunan di desanya dengan pembukaan jalan sehingga diharapkan kedepannya dapat menaikkan ekonomi desa.

"Kami sangat-sangat terbantu dan berterima kasih kepada Bapak Dandim dan anggotanya serta pihak-pihak yang turut berpartisipasi aktif dalam pembukaan jalan di desa kami karena sudah lama sekali diinginkan oleh warga," katanya.

Sementara itu, Kepala Dusun III Desa Talun, Sudin, menceritakan bahwa rencana pembukaan jalan tersebut sudah 15 tahun yang lalu karena terkendala pro kontra dari warga yang memiliki hak tanah. 

Akhirnya dengan melalui mediasi dan sosialisasi dari Pemerintah Desa Talun masyarakat menjadi sadar akan pentingnya akses jalan sehingga mulai gotong-royong membuka akses jalan tersebut pada setiap Jumat atau ada kegiatan kerja bakti di desa.

"Alhamdulillah sekarang kami warga Desa Talun sangat bersyukur sekali kepada TNI khususnya Kodim 0710 Pekalongan dalam mendukung pembukaan jalan seperti mendatangkan alat berat seperti exavator. Dengan momen HUT ke-79 TNI, semoga TNI tetap jaya," tandas dia.

Kategori :