PNM Peduli Bangun MCK dan Fasilitas Air Bersih di Sekitar Objek Wisata Guci

Minggu 29-09-2024,12:24 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

Tegal – Siapa yang tidak kenal dengan Desa Guci? Desa yang terkenal dengan wisata pemandian air hangat dari mata air alami Gunung Slamet.

Banyak wisatawan berbondong-bondong mengunjungi berbagai wisata populer yang ada di sini, lengkap dengan jajanan UMKM di sepanjang areanya.

Untuk dapat menunjang kenyamanan berwisata tersebut, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui cabang Tegal memberikan bantuan pembangunan MCK (mandi, cuci kakus) dan sarana air bersih melalui PNM Peduli.

Peresmian MCK dan bantuan air bersih dilakukan secara simbolik oleh Pemimpin Cabang PNM Tegal Agung Prihantoro di Desa Guci Kec Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Solusi Liburan Hemat, 5 Tempat Wisata di Malang yang Murah Ini Bisa Kamu Kunjungi Bersama Keluarga!

Agung memberikan sebuah plakat sebagai simbol serah terima bantuan ini yang merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PNM kepada Ali, ketua Himpunan Pelaku Usaha Pariwisata Guci (HIMPUSPAR) dan Slamet sebagai perwakilan dari Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kab Tegal.

Menurut Agung, Desa Guci memliki potensi perputaran ekonomi yang sangat baik sehingga perlu dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasarana yang dapat mendukung hal tersebut.

“Dengan faslitas MCK yang bersih wisatawan akan merasa nyaman dan akan tumbuh kemauan untuk datang lagi ke Desa Guci yang tentu akan berimbas pada UMKM dan ekonomi desa secara lebih luas,” jelasnya pada Kamis (26/9) 2024 di tengah peresmian MCK. 

Sebagai perusahaan pembiayaan bagi pelaku usaha ultra mikro, PNM berupaya memberikan bukan hanya modal finansial, intelektual dan sosial tetapi juga nilai tambah lainnya yang dapat berdampak pada ekonomi, sosial dan lingkungan secara umum.

Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan dan merawat MCK dengan baik serta menumbuhkan kebiasaan hidup bersih, sehat, dan buang air pada tempatnya.

“Semakin banyaknya fasilitas umum tersedia di tempat-tempat strategis di objek wisata Guci,  diharapkan membuat masyarakat, baik pelaku usaha maupun pengunjung, mudah menemukan tempat untuk buang air kecil maupun besar sehingga kebersihan tetap terjaga dengan baik,” tandasnya. (*)

Kategori :