Cara Mengetahui Perasaan Kucing Lewat Mata, Memang Bisa? Begini Panduannya!

Selasa 01-10-2024,12:33 WIB
Reporter : Diyah Feronika
Editor : Dony Widyo

Menurut Stephen Quandt, kucing yang sedang merasa waspada, takut dan cemas akan membuka matanya lebar-lebar dan berkedip dengan cepat untuk mengawasi sekitar. 

Jika kamu ingin menyampaikan bahwa kamu juga mencintai mereka segeralah berkedip balik! Lakukan dengan pelan seperti yang Anabul lakukan. 

BACA JUGA:Kenapa Kucing Suka Kotak? Ternyata Ada Alasan Lucu dan Penjelasan Ilmiahnya!

BACA JUGA:Cari Tahu Tempat Sembunyi Kucing di Rumah dan Alasan Mereka Suka Menghilang

2. Setengah tertutup 

Hampir sama dengan kedipan pelan, kucing yang menatap kamu dengan kelopak mata yang sedikit tertutup juga bisa diartikan sebagai tanda cinta dan rasa aman. 

Bagi kita mungkin mereka sedang mengantuk atau ingin tidur. Dan ya, dalam kondisi ini kucing memang sedang rileks, merasa damai, dan bahagia. 

Bahasa tubuh ini biasanya diikuti oleh bahasa tubuh lainnya seperti mengeong pelan, mendengkur, dan duduk dengan rileks. 

Dalam kondisi ini, kamu bisa mendekat dengan pelan dan belai kepala mereka atau garuk area dagunya supaya mereka merasa lebih bahagia. 

BACA JUGA:Tips Cara Merawat Kucing Persia agar Tetap Sehat dan Bebas dari Kutu

BACA JUGA:Baru Pelihara Anak Kucing? Inilah Cara Merawat Anak Kucing Persia, Gampang Banget!

3. Tatapan tajam 

Selain mencakar sofa dan menjatuhkan gelas dari meja, kucing juga terkenal dengan kemampuan menatapnya. 

Menurut Dr. Mikel Delgado, tatapan tajam kucing bisa berarti banyak hal, namun yang utama adalah mereka sedang “agresif”. 

Berbeda dengan tatapan biasa yang menandakan jika mereka ingin sesuatu, tatapan tajam tanpa kedip bisa berarti agresi, ketidaknyamanan, dan sebuah tanda dominansi. 

Saran dari Amanda Caron, pemerhati perilaku kucing, sebaiknya hindari menatap mata kucing secara langsung saat kucing sedang dalam kondisi seperti ini. 

Kategori :