Percepatan Kepemilikan KIA, Disdukcapil Kota Pekalongan Jalin Kerja Sama dengan Trans Studio Mini

Kamis 03-10-2024,05:03 WIB
Reporter : Dwi Fusti Hana Pertiwi
Editor : Dony Widyo

Radarpekalongan.co.id- Upaya dalam meningkatkan cakupan kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Pekalongan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekalongan jalin kerjasama dengan management Trans Studio Mini Pekalongan, Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA:5 Tahun Jalan Bedagung Rusak Parah, Digarap dengan Program TMMD Sengkuyung IV Kodim Pekalongan

Kerjasama ditandai dengan penandatangan antara Disdukcapil Kota Pekalongan melalui Kepala Dinas setempat, Slamet Hariyadi dengan Branch Manager Trans Studio Mini, Ryan Pahlevi, di kantor wahana setempat, Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA:6 Pernyataan Sikap PCNU Kabupaten Pekalongan di Pilkada 2024, Dilarang Gunakan Simbol NU untuk Dukung Paslon

Kerjasama dalam mewujudkan inovasi yang disebut KIAN CERIA atau Kartu Identitas Anak untuk Anak Cerdas Riang Gembira. Hariyadi menjelaskan bahwa Disdukcapil memiliki kewajiban untuk menerbitkan beberapa dokumen kependudukan yang diperuntukkan sejak penduduk sejak lahir sampai meninggal dunia. 

BACA JUGA:Ada Oknum Guru BK Diduga Lakukan Pelecehan, Ratusan Siswa SMAN 3 Pekalongan Lakukan Demo

“Kami menggandeng mitra lain bagaimana supaya KIA punya benefit di dalamnya keuntungan bagi pemegangnya disamping identitas diri dan mengakses berbagai program pemerintah,” ujar dia.

BACA JUGA:Ratusan Pekerja PT Panamtex Gelar Aksi Keprihatinan di DPRD Kabupaten Pekalongan

Lebih lanjut dijelaskan, KIA sendiri diperuntukkan bagi penduduk sejak dia lahir baik sampai berusia 17 tahun yakni usia wajib berKTP. Ia menuturkan bahwa peruntukkan KIA cukup banyak antara lain layanan publik seperti akses kesehatan, sosial, pendaftaran sekolah, dan lainnya. KIA juga melekat dengan akta kelahiran, Kartu Keluarga (KK) hingga KTP orang tua. 

BACA JUGA:Pasutri Spesialis Curanmor Ditangkap Polisi di Pekalongan, Diduga Sudah Beraksi di Belasan Lokasi

“Kami berupaya membuat terobosan bagaimana supaya KIA punya nilai tambah, nilai plus dari Trans Studio Mini yang mana menyediakan wahana permainan menarik sesuai pemegang KIA yaitu anak-anak. Sehingga dapat kami kolaborasikan dengan mitra ini dengan harapan penduduk semangat membuat KIA selain itu kami juga berharap hal ini berimbas baik untuk PT Trans Rekreasindo kian ramai pengunjung,” jelas dia.

BACA JUGA:Uji Nyali! Wahana Rumah Hantu Drive Thru Ada di Transmart Pekalongan, Segini Harga Tiketnya

Hingga saat ini, Haryadi menyebut bahwa capaian kepemilikan KIA di Kota Pekalongan sendiri sudah mencapai 60 persen. Sehingga, pihaknya pun berharap dengan adanya inovasi KIAN CERIA mampu mendongkrak cakupan kepemilikan KIA di Kota Pekalongan.

BACA JUGA:2 Desa di Kabupaten Pekalongan Kekeringan, BPBD Kabupaten Pekalongan Dropping Air Bersih

“Akan kami sinergikan dengan mitra-mitra lain seperti Dinas Pendidikan, tempat wisata lain dan saat ini yang sedang kita garap menyasar penerbit buku masih kami diskusikan hal apa yang dapat dikontribusikan pihak mitra dengan kepemilikan KIA ini,” tandasnya.

Kategori :