Inilah Obat Alami yang Dapat Mengatasi Asam Urat, Mau Tahu?

Selasa 08-10-2024,11:34 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Dony Widyo

Gejala asam urat kambuh dapat diatasi dengan mengonsumsi 2 sampai 3 gelas teh jahe. Jahe juga dapat digunakan sebagai obat luar alami. Caranya cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan jahe parut ke dalam air hangat.

Setelah itu, rendam kain dalam air campuran jahe tadi. Kain yang direndam tersebut dapat digunakan untuk mengompres bagian sendi yang sakit selama 15 sampai 30 menit.

3. Air Putih 

Obat alami asam urat selanjutnya adalah air putih. Mengonsumsi air putih secara cukup dapat membantu menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap stabil. 

Asam urat akan disaring oleh ginjal dan dikeluarkan melalui urine. Dengan mengonsumsi air putih secara cukup, kita dapat membantu ginjal berfungsi secara maksimal. 

Ginjal yang berfungsi secara maksimal dapat menyaring asam urat dengan baik. Dengan begitu, asam urat yang berlebih dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui urine. 

BACA JUGA:Awas Asam Urat Naik! Inilah 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu PenyakitAsam Urat yang Sering Diabaikan Banyak Orang

BACA JUGA:Sering Panasan Bisa Bikin Asam Urat? 7 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Asam Urat yang Wajib Diketahui!

4. Biji Seledri

Selain vitamin C dari buah dan sayur, jahe, dan air putih, obat alami mengatasi asam urat selanjutnya adalah biji seledri. 

Biji seledri bersifat antiinflamasi dan antioksidan. Dengan begitu, biji seledri dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan sendi. 

Biji seledri mengandung senyawa flavonoid. Senyawa ini dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh melalui urine. 

5. Secang

Obat alami asam urat selanjutnya adalah secang. Tanaman ini diketahui dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. 

Esktrak kayu secang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh melalui mekanisme penghambatan enzyme xantin oksidase. 

Inilah obat alami yang dapat mengatasi asam urat. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat ini sebab beberapa obat ini diakui keampuhannya dalam mengatasi asam urat dan nyeri sendi.

Kategori :