Melalui Ideation Camp, para Hustler, Hipster, dan Hacker terbaik berkelompok untuk menggagas inovasi selanjutnya yang dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar mereka. Guna memastikan inklusivitas gender, yang menjadi bagian dari implementasi ESG oleh Telkomsel, IndonesiaNEXT juga memastikan bahwa terdapat keterwakilan anggota perempuan di setiap timnya.
Dari ribuan peserta yang terlibat sejak awal musim, terpilih 31 mahasiswa yang kemudian membentuk menjadi 11 tim telah menjalani pelatihan intensif melalui MVP Bootcamp, di mana mereka telah diasah lebih lanjut dalam manajemen SCRUM, komunikasi empatik, dan desain layanan inovatif.
Kemudian, mereka diberikan kesempatan untuk memperkenalkan inovasi digital yang mereka buat di hadapan panel juri yang terdiri dari pakar industri dan mentor dalam sesi NEXT Pitching di IndonesiaNEXT Summit.
Sebanyak 8 mahasiswa yang terbagi dalam 3 tim terbaik berhasil lolos ke tahap final mempresentasikan inovasi digital mereka dalam sesi NEXT Final Pitching, dengan 3 mahasiswa terbaik yang berhak mendapatkan bantuan dana pendidikan dan benchmarking digital hub di Singapura.
Para talenta digital ini telah membuktikan kapabilitasnya dan menunjukkan potensi besar untuk dapat memberikan dampak di masa depan melalui proposal inovasi digital yang menjanjikan di berbagai sektor dalam mengakselerasi transformasi digital Indonesia.
Pada sesi NEXT Final Pitching, peserta terbaik yang terpilih adalah Taufiq Ashari Ramadhan (Telkom University), Andika Dwi Setya Nugraha (Universitas Brawijaya), dan Ayu Syifa Rohmah (Universitas Negeri Yogyakarta). Sementara itu, posisi runner-up ditempati oleh Nanda Indriana (Sampoerna University), Novita Anggraeni (Universitas Kadiri), Dewi Fitradano Adam (Universitas Yapis Papua), Ari Handoko (IPB University), dan Siska (Universitas Buddhi Dharma).
"Selamat kepada para peserta terbaik IndonesiaNEXT Season 8. Inovasi dan dedikasi yang ditunjukkan akan menjadi inspirasi bagi talenta digital lainnya untuk terus berinovasi mengembangkan diri dan berkontribusi memperkuat ekosistem digital Indonesia.
Telkomsel percaya bahwa talenta digital unggul adalah kunci untuk memastikan negara kita mampu bersaing di era global dan berperan aktif dalam pembangunan yang dapat mendukung capaian target Indonesia Emas 2045. Semoga kita dapat terus meningkatkan daya saing dan kapabilitas, untuk menciptakan hari yang lebih baik dan masa depan gemilang," pungkas Saki.
IndonesiaNEXT sendiri merupakan bagian dari peta jalan ekosistem inovasi digital Telkomsel yang mencakup digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, corporate venture capital Telkomsel Ventures, sampai dengan digital business portfolio holding & platform company INDICO.
Secara keseluruhan, ekosistem inovasi ini ditujukan untuk mengakselerasi transformasi digital Indonesia di berbagai sektor serta memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional.
Informasi selengkapnya tentang IndonesiaNEXT bisa diakses melalui laman indonesianext.co.id.
*
Tentang Telkomsel (www.telkomsel.com)
Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional dengan mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya saing tinggi untuk membuat hari ini menjadi lebih baik dan menciptakan masa depan yang gemilang, dengan menyediakan konektivitas, layanan dan solusi yang inovatif dan unggul bagi semua orang, setiap rumah, dan kegiatan usaha, untuk membuka semua peluang.
Selaras dengan semangat Indonesia untuk digitalisasi negeri, Telkomsel berperan sebagai penyedia layanan konvergensi terbesar yang secara konsisten melakukan pemerataan jaringan 4G, mengembangkan teknologi 5G, dan menerapkan teknologi fixed broadband terkini guna meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan serta juga mengembangkan layanan digital meliputi Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Enterprise Solutions, dan Internet of Things. Selama 29 tahun berdiri, Telkomsel kini hadir dengan dukungan lebih dari 265.900 BTS serta melayani lebih dari 159,9 juta pelanggan mobile dan lebih dari 9,1 juta pelanggan fixed broadband (IndiHome-B2C) yang tersebar hingga ke seluruh pelosok negeri. Dalam menjalankan operasional perusahaan yang berkelanjutan, Telkomsel juga menerapkan prinsip ESG untuk memberikan dampak positif terhadap ekosistem perusahaan.