IndonesiaNEXT, Wadah Pembelajaran Talenta Muda Tingkatkan Daya Saing Global
IndonesiaNEXT, Wadah Pembelajaran Talenta Muda Tingkatkan Daya Saing Global .-Istimewa -
SEMARANG - Indonesia telah masuk pada era revolusi industri 4.0 yang berkarakteristik teknologi, di mana saat ini teknologi kecerdasan buatan atau kecerdasan buatan (AI) kian meluas penggunaannya di berbagai bidang.
Telkomsel sebagai pemimpin pasar telekomunikasi di Indonesia, tidak hanya memiliki jumlah pelanggan dan pangsa pasar yang paling besar di Indonesia. Telkomsel juga mampu konsisten menempatkan posisinya sebagai pemimpin pasar dan terus berinovasi dalam bisnis digitalnya berbasis AI.
VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Abdullah Fahmi mengatakan, seiring berkembangnya teknologi, akan semakin banyak industri yang menggunakan AI dalam proses bisnisnya, baik untuk membuat dan menyediakan produk maupun membuat teknologi baru berbasis AI. Kondisi ini tentunya berdampak langsung pada kebutuhan generasi muda yang memiliki talenta AI yang unggul untuk mendukung industri tersebut,
BACA JUGA:Telkomsel dan UNS Bekali Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja Lewat Sharing Session
BACA JUGA:Telkomsel Sediakan Ribuan Hadiah di Solo Run Fest 2025
"Telkomsel mendorong generasi muda, termasuk mahasiswa, untuk meningkatkan kompetensi digital dan mengoptimalkan pemanfaatan AI. Berbagai pelatihan dan kegiatan pendidikan diharapkan, agar generasi muda lebih berdaya dengan keterampilan yang relevan dengan perkembangan AI," katanya.
“Saya yakin pemanfaatan AI ini akan membantu perguruan tinggi mengakselerasi peningkatan mutu lembaga dan pembelajaran yang sejalan dengan tujuan merdeka belajar dalam program Kampus Merdeka. Namun demikian, untuk menjawab tantangan masa depan, mahasiswa tidak hanya harus cerdas secara inteligensi, tetapi juga matang secara karakter,” tegasnya.
Bukti nyata kepedulian Telkomsel kepada generasi muda adalah hadirnya program IndonesiaNEXT. Program ini adalah wadah pengembangan talenta digital muda dengan kurikulum berbasis tren industri, mencakup AI, komunikasi digital, pitching inovasi, kepemimpinan, hingga desain layanan. Program ini sejalan dengan misi Asta Cita Pemerintah Republik Indonesia dalam membangun SDM unggul melalui sains dan teknologi, serta mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.
"Melalui IndonesiaNEXT ke-9, Telkomsel berupaya memastikan bahwa generasi muda Indonesia menjadi pelaku aktif dalam transformasi digital. Tema 'AI Sharpening Youths' kami wujudkan di program CSR ini melalui kurikulum khusus AI yang bisa mendorong mereka untuk menjadi lebih tajam, progresif, dan siap untuk masa depan. Kami percaya dengan dukungan yang tepat, talenta digital kita bisa mengakselerasi pencapaian visi Indonesia Emas 2045," jelasnya.
Program IndonesiaNEXT pertama kali digelar pada tahun 2016, dimulai di 6 kota dan menjangkau ribuan pendaftar dari ratusan universitas. Program ini berfokus pada pemberian pengalaman belajar yang menyeluruh, termasuk pelatihan dan sertifikasi kompetensi digital yang relevan dengan tren industri.
Tujuan utamanya adalah untuk menjembatani kesenjangan antara keterampilan yang dimiliki oleh generasi muda, khususnya mahasiswa dengan permintaan pasar kerja di era digital, serta meningkatkan daya saing global talenta muda Indonesia.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

