Wajib tahu! Inilah 5 Penyebab Kanker Usus Besar dan Gejalanya yang Marak Dibicarakan Gen Z

Rabu 09-10-2024,12:25 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Kendati demikian, kalian para kaum laki-laki yang memiliki usia 50 tahu ke atas bukan berarti kalian akan terkena kanker usus besar ya.

Yang terpenting kalian perlu menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dengan porsi yang pas, rajin berolahraga, hingga istirahat yang cukup.

2. Obesitas

Penting bagi kalian untuk selalu menjaga berat badan, jangan sampai kalian mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

BACA JUGA:Inilah Tanaman Herbal yang Ampuh Atasi Masalah Ginjal, Mau Tahu?

BACA JUGA:Kematian Akibat Kebiasaan Mager Makin Meningkat, Dokter Wanti-wantu untuk Selalu Melakukan ini

Karena selain mengganggu aktivitas, seseorang yang mengalami obesitas ini juga memiliki peningkatkan risiko penyakit kronis, salah satunya adalah penyakit kanker usus.

Hal ni dikarenakan, obesitas ini membuat kadar insulin serta insulin growth facti 1 (IGF-1) meningkat yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker.

3. Menjaga Pola Makan Sehat

Penyebab kanker usus besar yang selanjutnya adalah menjaga pola makan sehat. Seperti yang diketahui, kanker usus besar juga terkait dengan pola makan yang tidak sehat, seperti kurangnya serat dalam tubuh dan tinggi lemak atau kalori.

Menurut sebuah penelitian makanan tinggi lemak seperti daging sapi, domba, maupun babi membuktikan bahwa terdapat peningkatan risiko kanker usus pada orang yang makan makanan tinggi lemak seperti daging merah ataupun daging olahan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Nanas Setiap Hari yang Tidak Hanya untuk Mengatasi Asam Urat

BACA JUGA:Masih Hamil Hindari Dulu Makan Buah Nanas Karena Bisa Sebabkan Ini...

4. Pola Hidup Sehat

selain menjaga pola makan sehat, kalian juga perlu melakukan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit kronis yang sangat berbaya ini.

Beberapa cara menjaga pola hidup sehat ini diantaranya adalah menghindari rokok dan alkohol.

Kategori :