Wajib tahu! Inilah 5 Penyebab Kanker Usus Besar dan Gejalanya yang Marak Dibicarakan Gen Z

Rabu 09-10-2024,12:25 WIB
Reporter : Nadia Damayanti
Editor : Dony Widyo

Zat karsinogen dalam rokok ini memicu berkembangnya sel kanker bila kalian gunakan dalam jangan waktu yang panjang.

Begitupun dengan alkohol. Dengan mengonsumsi alkohol secara terus menerus dapat meningkatkan risiko terjangkit kanker usus besar.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan untuk Semua Umur, Bisa untuk Menyamarkan Flek Hitam juga Lho!

BACA JUGA:Keren! Inilah 6 Manfaat Air Rendaman Nanas untuk Kesehatan jika Diminum Setiap Pagi Hari Sebelum Beraktivitas

5. Malas Berolahraga

Penyebab kanker usus besar yang  terakhir yang dapat kalian ketahui adalah malas berolahraga. Seperti yang diketahui olahraga secara rutin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan organ.

Oleh karena itu, seseorang yang malas atau tidak aktif melakukan aktifitas fisik seperti olahraga lebih mungkin mengembangkan sel kanker untuk berkembang secara abnormal.

Penderita kanker usus besar ini biasanya di awali dengan munculnya polip atau tumor jinak pada organ pencernaan dan mengganas jika didiamnkan begitu saja.

Selain itu, penderita kanker usus besar ini juga akan mengalami gejala lain seperti perut kembung, kram perutperubahan bentuk serta warna feses atau tinja, hingga mengalami BAB berdarah.

BACA JUGA:Selain Melancarkan Sistem Pencernaan! Inilah 7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Berikut Manfaat Kesehatan dari Rutin Konsumsi Daun Pepaya yang Harus Kamu Tahu, Penasaran Apa Saja? Ini Jawaba

Jika sudah memasuki usia lanjut, penderita kanker usus besar juga dapat mengalami gejala seperti kelelahan, sering merasa BAB tidak tuntas, berat badan turun drastis, hinggga perubahan tinjal yang terjadi lebih dari sebulan.

Apabila kanker usus besar ini sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya, maka berupa muncul gejala berupa sakit kuning atau ikterus, pandangan kabur, pembengkakan pada lengan dan tungkai, sakit kepala, patah tulang, hingga sesak napas.

Karena gejala yang dialami hampir mirip dengan gangguan pencernaan biasa seperti ambeien dan diare, banyak orang yang terlambat menyadari dan baru menyadarinya ketika sel kanker tersebut telah menyebar.

Untuk itu, sebelum sel kanker menyebar, ketika kalian mengalami gejala awal sebaiknya kalian periksakan ke dokter sebelum terlambat.

Kategori :