Jangan Sampai Mogok di Jalan, Inilah 3 Cara Mudah Mengecek Aki Mobil yang Mulai Lemah, Segera Periksa!

Sabtu 19-10-2024,11:29 WIB
Reporter : Naufal
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Pastinya tidak mau dong tiba-tiba mobilmu mogok, beberapa cara mudah mengecek aki mobil yang mulai lemah ini bisa kamu lakukan.

Biasanya, aki mobil yang sudah mulai lemah ini bisa kamu periksa dari 3 komponen ini, dan jangan sampai hal ini terjadi pada kamu yang sedang berkendara.

Aki mobil yang sudah lemah, biasanya akan menyebabkan beberapa hal terjadi pada mobil, salah satunya adalah mesin mobil mati tidak mau menyala.

Selain itu, ada beberapa hal lagi yang akan terjadi, oleh karena itu sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, inilah beberapa cara mudah mengecek aki mobil yang mulai lemah, simak sampai selesai ya.

BACA JUGA:Perayaan Satu Dekade Komunitas R15timewa Yogyakarta, Terus Maju dan Tetap Solid

BACA JUGA:Honda Jazz GK5 Generasi Terakhir Jazz yang Sudah Tidak Diproduksi Tapi Masih Banyak Peminatnya, Kok Bisa?

1. Klakson

Cara mudah mengecek aki mobil yang mulai lemah, pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan cara membunyikan klakson pada mobil.

Biasanya, jika aki mobil sudah lemah maka suara klakson pun ikut lemah, dan ini menjadi tanda kalau aki sudah mengalami kelemahan.

Sebab, klakson pada mobil ini hanya membutuhkan daya listrik yang kecil, jadi terkadang meskipun aki mobil melemah klakson akan tetap berbunyi.

Namun, jika aki sudah benar-benar tidak memiliki setrum, besar kemungkinan menyebabkan klakson tidak mau menyala sama sekali.

BACA JUGA:Dibalik Kesuksesan Penjualannya All New Honda Beat 2024 Ternyata Memiliki Beberapa Fitur Unggulan Ini!

BACA JUGA:Bukan LCGC Biasa Toyota Agya GR Sport 2024 Menawarkan Banyak Kelebihan, Harganya Tetap Terjangkau!

2. Dinamo Starter

Aki mobil yang sudah lemah, biasanya juga akan menyebabkan perputaran dinamo pada starter mobil menjadi lebih lama tidak seperti biasanya.

Kategori :