Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima--

RADARPEKALONGAN.CO.ID - Jangan panik! 7 cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima. Penasaran, apa saja? Yuk, simak penjelasannya disini!

Pernahkah Anda mengalami kejadian mendadak saat hendak bepergian, mobil tidak mau menyala karena aki soak? Jangan panik! 

Masalah ini seringkali dialami oleh para pemilik kendaraan. Aki yang soak memang bisa menjadi momok menakutkan, namun jangan khawatir, ada beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Apa itu Aki Soak?

Aki soak adalah kondisi di mana aki mobil kehilangan daya listriknya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia aki, penggunaan yang terlalu sering, atau kondisi cuaca yang ekstrem. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Aki Mobil Terbaik dan Low Budget Dengan Harga Mulai 600 Ribuan

BACA JUGA:5 Rekomendasi Aki Mobil Terbaik dan Low Budget, Mulai dari Harga 500 Ribuan

Aki soak ditandai dengan lampu indikator yang redup saat dinyalakan, starter yang lambat, atau bahkan mobil yang sama sekali tidak mau menyala.

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Berikut ini adalah 7 cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima.

1. Memeriksa Kondisi Aki Secara Berkala

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang pertama adalah dengan memeriksa kondisi aki secara berkala. Selain itu, pastikan pula bahwa tidak ada keretakan, kebocoran, atau korosi pada terminal aki. 

Sebab, terminal aki yang berkarat dapat menghambat aliran listrik. Gunakan voltmeter untuk mengukur apakah tegangan aki dalam kondisi sehat atau tidak.

Tegangan aki yang sehat umumnya berada di antara angka 12,6 hingga 12,8 volt saat mesin mati. Namun, apabila tegangannya di bawah 12 volt kemungkinan aki sudah mulai melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: