Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima--

BACA JUGA:Inilah 5 Tips Penting Merawat Aki Mobil Menjadi Panjang Umur dan Awet, Lengkap dengan Rekomendasi Produknya

BACA JUGA:Mulai dari Rp 400 Ribuan, Inilah 5 Rekomendasi Aki Mobil Terbaik yang Berkualitas dan Tahan Lama

2. Membersihkan Terminal Aki

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang kedua adalah dengan membersihkan terminal aki. Korosi pada terminal aki dapat menyebabkan koneksi yang buruk dan mengurangi efisiensi pengisian. 

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan terminal aki secara rutin dengan sikat kawat serta campuran baking soda dan air untuk menghilangkan korosi. Pastikan juga bahwa koneksi kabel aki ke terminal terpasang dengan kencang dan tidak longgar.

3. Menghindari Penggunaan Berlebihan

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang ketiga adalah dengan menghindari penggunaan berlebihan. Pastikan untuk mematikan semua peralatan listrik di mobil seperti lampu, radio, dan AC saat mesin mati. 

Pemakaian berlebihan saat mesin tidak menyala dapat menguras daya aki dengan cepat. Selain itu, pastikan aksesoris seperti charger ponsel atau perangkat lain tidak dibiarkan terhubung saat mesin mati.

BACA JUGA:Jangan Lupa Cek Kaki-Kaki Mobilmu agar Berkendara Tetap Nyaman! Segini Kisaran Bajetnya

BACA JUGA:Baru Beli Mobil, Inilah Biaya Layanan Perbaikan Kaki-Kaki Mobil, Kamu Harus Menyiapkan Dana Khusus!

4. Memastikan Sistem Pengisian Berfungsi dengan Baik

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang keempat adalah dengan memastikan sistem pengisian berfungsi dengan baik. Alternator yang rusak dapat menyebabkan aki tidak terisi dengan baik. 

Pastikan bahwa alternator bekerja dengan baik dan tak ada masalah pada belt penggerak alternator. Selain itu, regulator tegangan yang rusak dapat menyebabkan pengisian aki yang tidak stabil. 

Namun, apabila aki sering soak maka segera membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan diganti regulator tegangan jika diperlukan.

5. Menjaga Aki dalam Suhu Optimal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: