Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima

Jangan Panik! 7 Cara Jitu Mengatasi Aki Mobil Soak, Dijamin Tetap Awet dan Prima--

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang kelima adalah dengan menjaga aki dalam suhu optimal. Suhu ekstrem dapat mempercepat kerusakan aki. 

BACA JUGA:Persiapan Musim Hujan! Inilah 5 Rekomendasi Jas Hujan Anti Rembes untuk Wanita Menurut TikTok

BACA JUGA:4 Rekomendasi Helm yang Cocok untuk Pengendara Motor Yamaha Mio Menurut TikTok

Sebaiknya parkirlah mobil di tempat teduh saat cuaca panas dan di garasi saat cuaca dingin untuk menjaga suhu aki tetap optimal. Selain itu, gunakan juga insulator aki untuk membantu menjaga suhu aki, terutama di daerah dengan perubahan suhu yang ekstrim.

6. Melakukan Pengisian Ulang Aki Secara Berkala

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang keenam adalah dengan melakukan pengisian ulang aki secara berkala. Apabila mobil jarang dipakai, maka gunakan charger aki untuk mengisi ulang aki secara berkala dan mencegah aki soak. 

Charger otomatis dapat menjadi pilihan yang baik karena akan berhenti mengisi saat aki sudah penuh. Selain itu, dengan mengemudi jarak jauh secara rutin juga membantu memastikan aki terisi penuh karena alternator akan bekerja lebih lama untuk mengisi aki.

7. Mengganti Aki yang Sudah Usang

Cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima yang ketujuh adalah dengan mengganti aki yang sudah usang. Aki mobil umumnya mempunyai masa pakai 2-4 tahun. 

BACA JUGA:Yamaha FreeGo 2024 Memiliki Banyak Kelebihan yang Ditawarkan, Membuatnya Siap Merebut Pasar Motor Matic!

BACA JUGA:Solusi Hemat Anggaran, 3 Mobil Listrik Murah di Bawah 400 Juta Ini Bisa Menjadi Pilihan yang Tepat!

Apabila aki telah mendekati atau melewati masa pakainya, pertimbangkan lagi untuk menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itu, pilihlah aki yang kualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda. 

Aki berkualitas rendah cenderung lebih cepat soak dan mempunyai masa pakai yang lebih pendek.

Tips Tambahan

  • Pilih Aki yang Berkualitas: Saat membeli aki baru, pilihlah aki yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda dan berasal dari merek yang terpercaya.
  • Periksa Kondisi Aki Secara Berkala: Lakukan pemeriksaan kondisi aki secara rutin, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh.
  • Simpan Nomor Bengkel Darurat: Simpan nomor telepon bengkel mobil terdekat atau jasa derek mobil di dalam mobil Anda, untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah di jalan.

Itulah 7 cara jitu mengatasi aki mobil soak, dijamin tetap awet dan prima. Aki soak memang bisa menjadi kendala yang mengganggu aktivitas Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: