Baru Beli Mobil, Inilah Biaya Layanan Perbaikan Kaki-Kaki Mobil, Kamu Harus Menyiapkan Dana Khusus!

Baru Beli Mobil, Inilah Biaya Layanan Perbaikan Kaki-Kaki Mobil, Kamu Harus Menyiapkan Dana Khusus!

biaya layanan perbaikan kaki-kaki mobil--youtube

RADARPEKALONGAN – Baru pertama kali membeli mobil, dan sudah saatnya melakukan perbaikan kaki-kaki, kira-kira berapa ya biaya perbaikan kaki-kaki mobil, apakah mahal?

Kaki-kaki mobil sendiri merupakan salah satu komponen terpenting yang harus diperhatikan, dan juga perawatan yang dilakukan harus berkala.

Bukan tanpa alasan, sebab kaki-kaki mobil dengan keadaan prima, dapat mendukung kenyaman serta keselamatan penumpangnya ketika sedang berkendara, apalagi jarak jauh.

Namun begitu, letaknya yang berada dibagian bawah dan tidak kasat mata, menjadikan banyak pemilik mobil mengabaikan kondisinya, serta tidak melakukan perbaikan secara berkala.

Dan hasilnya, muncul beberapa gejala kerusakan pada kaki-kaki mobil, biasanya ditandai dengan munculnya bunyi asing ketika mobil sedang melaju.

BACA JUGA:Desain Mobil Klasik SUV Mini Suzuki Jimny 2023, Cek Harga Baru dan Spesifikasinya

Yang lebih parahnya lagi, jika kerusakan yang dialami sudah cukup serius, bunyi yang dihasilkan juga akan lebih keras dan semakin nyaring, tentu hal ini sangat menganggu kenyamanan kabin.

Bukan hanya bunyinya saja yang menganggu, namun juga memiliki dampak yang cukup serius, apalagi ketika mobil melewati jalan yang tidak rata atau ketika sedang melakukan manuver.

Nah jika mobilmu sudah muncul beberapa gejala yang disebutkan diatas, kamu harus sesegera mungkin melakukan perbaikan kaki-kaki ke bengkel terdekat langgananmu.

Untuk biaya layanan perbaikan kaki-kaki mobil sendiri juga sangat beragam, tergantung seberapa besar kerusakan yang dialami.

Sebab perlu dicek terlebih dahulu, mengenai komponen kaki-kaki  yang bermasalah tersebut, apakah masih bisa dipakai atau harus diganti.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai biaya layanan perbaikan kaki-kaki mobil, yuk simak artikel ini sampai selesai.

Biaya layanan pengantiankomponen kaki-kaki mobil

Untuk biaya layanan perbaikan kaki-kaki mobil sendiri beragam, sesuai dengan tingkat kerusakan atau komponen yang harus diganti.

Dalam hal ini, jika ada beberapa komponen yang mengalami kerusakan parah, maka sangat disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru.

Tak hanya pada bagian shockbreaker saja, biasanya komponen kaki-kaki yang juga gampang mengalami kerusakan seperti, ball joint dan tie rod.

Sebagai contoh saja, untuk mengetahui biaya layanan perbaikan kaki-kaki mobil Toyota Avanza terbilang cukup terjangkau, sekitar 500 ribu kebawah untuk biaya jasa perbaikan shock belakang.

Sedangkan untuk bagian shock depannya sendiri juga sama, yaitu dibawah harga 500 ribu, sangat terjangkau sekali bukan?

BACA JUGA:Sudah Bisa Dipesan, Mobil Listrik Terbaru Hyundai Ioniq 6 Dibanderol Harga Tembus Rp 1,2 M

Selain pada bagian shockbreaker, salah satu komponen yang perlu diperhatikan bernama bushing, nah biasanya jika bushing mengalami masalah akan membuat mobil tidak nyaman, ketika dikendarai.

Biasanya tanda ini akan sangat terasa ketika mobil sedang melaju dan melewati jalanan yang berlubang, selain itu bushing yang memiliki kondisi normal juga bentuknya masih bagus.

Sedangkan berbeda dengan bushing yang sudah tidak normal, biasanya sudah mengalami keretakan di permukaan karetnya.

Bushing sendiri memiliki fungsi sebagai peredam getaran, dan jika sudah retak ataupun mengeras biasanya akan mengeluarkan bunyi yang sangat menganggu kenyamanan.

Untuk biaya layanan perbaikan kaki-kaki mobil pada bagian bushing juga beragam, mulai dari 300 ribuan sampai 400 ribuan saja, tergantug kerusakan yang dialami dan jenis mobilnya.

Sementara itu, untuk perbaikan ball joint pada Toyota Avanza yang kualitas original dibandrol dengan harga kisaran 150 ribuan.

Selain itu, jika kamu melakukan perbaikan kaki-kaki, jangan lupa juga untuk menganti link stabilizer jika kondisinya sudah parah, harganya juga terjangkau.

Yang kadang dilupakan oleh sebagian pemilik mobil ketika melalukan perbaikan kaki-kaki, adalah bushing arm, padahal harganya hanya 100 ribuan saja.

Kemudian yang perlu kamu perhatikan juga, ketika melakukan perbaikan kaki-kaki mobil adalah bearing, atau yang biasa disebut dengan bantalan roda.

Nah jika kamu harus menggantinya, harganya juga sangat terjangkau sekali, bearing atau bantalan roda ini, dibandrol mulai dari 100 ribuan saja, tergantung kerusakan dan kualitas yang ditawarkan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: