3 Kelemahan Virus COVID-19 Akhirnya Berhasil Diketahui, Ini Dia

Kamis 23-07-2020,11:46 WIB

Hingga detik ini penyabaran virus corona atau Covid-19 di dunia belum juga berakhir, hal ini juga dipengaruhi karena belum ditemukannya obah penyembuh.

Maka dari itu meski sudah masuk masa new normal, kita masih disarankan untuk menjaga jarak dan meminimalisir berkegiatan diluar rumah.

Kalaupun harus keluar rumah meski ikuti protokol pemerintah. Meski belum ditemukannya obat penyembuh Covid-19, ternyata pandemi ini mempunyai kelemahan juga.

Nah berikut 3 kelemahan virus corona atau Covid-19 yang harus kalian ketahui.

  1. Virus Corona Mudah Mati oleh Pelarut Lemak

Salah satu kelemahan dari virus corona adalah akan mati jika terpapar pelarut lemak.

Seperti ketika terkena sabun untuk mandi dan cuci tangan, yakni pelarut lemak yang sering kita pakai setiap hari.

Hal itu dikarenakan susunan virus corona yang terdiri dari DNA atau RNA (inti virus), protein (bahan baku virus untuk menggandakan diri), dan lapisan lemak (pelindung luar).

  1. Virus Corona Lemah dengan Disinfektan

Secara umum karakter keluarga virus corona memiliki kemiripan karena diketahui lemah terhadap disinfektan.

Virus corona bisa menjadi nonaktif jika dihadapkan dengan disinfektan seperti alkohol dengan kadar 60-70%, hidrogen peroksida 0,5%, atau sodium hipoklorit 0,1% dalam waktu 1 menit.

  1. Antibodi Bisa Kalahkan Infeksi Virus Corona

Pada pasien COVID-19 dengan gejala ringan, infeksi virus corona bisa sembuh dengan sendirinya selama daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Sebuah penelitian di Australia mengatakan bahwa salah satu kelemahan virus corona ialah saat berhadapan dengan antibodi yang sehat. (ayu/tipstren)

Tags :
Kategori :

Terkait