5 Pedagang di Pasar Pandansari Warungasem Hasil Rapid Tesnya Reaktif

Jumat 19-06-2020,10:54 WIB

BATANG - Lima orang pedagang di pasar Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang hasil Rapid Testnya reaktif virus Corona atau Covid-19. Mereka selanjutnya akan menjalani Swap Test yang akan dilakukan oleh pihak Dinas Kesehatan minggu depan.

"Dari 40 orang yang mengikuti Rapid Test, hasilnya ada lima orang yang reaktif. Mereka akan mengikuti Swap Test minggu depan, karena harus menunggu kesiapan perlengkapan yang ada serta menunggu hasil daerah lain," ungkap Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Batang, Yuli Suryandaru, usai pelaksanaan Rapid Test di Pasar Pandansari, Jumat (19/6/2020).

Yuli Suryandaru mengungkapkan, untuk pedagang yang hasil Rapid Testnya reaktif, maka mereka diminta untuk melakukan isolasi mandiri sambil menunggu Swap Test. "Tadi untuk pedagang yang hasilnya reaktif sudah kita jelaskan agar melakukan isolasi mandiri. Namun jika memang mau ke pasar, maka mereka harus menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal itu diperlukan guna mengantisipasi potensi penularan pada lainnya," jelasnya.

Kepala Bidang Pasar dan Pedagang Kali Lima (PKL), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batang, Adi Baskoro menjelaskan, Rapid Test di Pasar Pandansari sendiri dilakukan setelah adanya satu pedagang yang hasil Swab Testnya positif terpapar Covid-19. Pedagang tersebut saat ini sudah menjalani isolasi oleh gugus tugas penanganan Covid-19 Kecamatan Warungasem.

"Untuk pedagang yang hasil Rapid Testnya reaktif, sesuai rekomendasi Dinas Kesehatan masih bisa berjualan dengan menerapkan protokol kesehatan. Namun dia harus diawasi oleh pengelola Pasar Pandansari untuk menjaga kontak fisik dengan pembeli," kata Adi Baskoro.

Selain itu, lanjutnya, guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Pasar Desa Pandansari, pihak Disperindag juga menerapkan protokol kesehatan untuk pedagang dan pembeli. "Selain itu, kami juga melakukan penyemprotan disinfektan ke sekitar pasar dan juga kios maupun tempat berjualan usai dipergunakan untuk berjualan oleh pedagang," tandas Adi. (fel/don)

Tags :
Kategori :

Terkait