Tingkatkan Pelayanan, Aparatur Desa Dituntut Disiplin

Tingkatkan Pelayanan, Aparatur Desa Dituntut Disiplin

Kades Winduaji, Muamal

PANINGGARAN - Manajemen pelayanan publik di manapun pastilah menuntut kedisiplinan dari setiap penyelenggaranya. Tak terkecuali implementasi pelayanan publik oleh instansi pemerintah, yang selain pastinya selalu dipantau masyarakatnya.

"Maka disiplin atas waktu dan kinerja ini penting dan mutlak dalam upaya menjaga kualitas pelayanan ke masyarakat. Apalagi bagi kita yang bertugas di pemerintahan level paling bawah, yakni desa, tentu kualitas pelayanan kita akan bersinggungan langsung dengan masyarakat," ungkap Kepala Desa Winduaji, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Muamal kepada Radar, Rabu (3/6/2020) kemarin.

Karena itu, dia selalu mengingatkan jajarannya di Desa Winduaji untuk terus meningkatkan kedisiplinan sebagai langkah awal meningkatkan kinerja, utamanya menyangkut pelayanan ke masyarakat. Kedisiplinan itu disebutnya penting dan bisa mendorong perubahan positif guna memajukan desa.

"Harapan kami semua perangkat desa dapat menjalankan kinerja sesuai tugas dan fungsinya dengan profesional, yang akan bermuara kepada bentuk layanan masyarakat. Dan disiplin ini menjadi syarat," ujarnya.

Diakui Muamal, kedisiplinan kerja memang tidak bisa diperoleh dengan instan, melainkan butuh proses yang terus menerus. Karena itu, dia berharap aparatur desa bisa membangun kesadaran kolektif untuk bersama-sama meningkatkan kedisiplinan dalam kinerja.

"Kalau ada stigma kurang baik soal kinerja aparatur desa, termasuk kades, ya itu hak masyarakat menilai. Kita tidak mungkin menjawab satu persatu ke setiap warga. Karena jawaban yang paling manjur adalah dengan kerja nyata. Kuncinya sekali lagi dimulai dengan disiplin, mari tunjukkan bahwa pemerintah desa itu punya etos kerja yang baik, sehingga tanpa diminta, masyarakat akan memberikan trust ke kita," jelasnya mengakhiri. (jun/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: