Patut Dicontoh, Warga Kebonan Sediakan Internet Gratis untuk Belajar Daring

Patut Dicontoh, Warga Kebonan Sediakan Internet Gratis untuk Belajar Daring

BATANG - Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dipilih sebagai sarana alternatif belajar di tengah pandemi. Salah satu metode yang diterapkan adalah dengan belajar menggunakan media daring atau online.

Namun tak sedikit yang kelimpungan ketika menerapkan pembelajaran online. Selain butuh smartphone, kuota internet pun juga perlu disiapkan. Sayangnya belum semua orang tua mampu menyediakan fasilitas ini untuk mendukung pembelajaran daring anaknya.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Ketua dan Pengurus RT 4 RW 4 Kampung Kebonan Proyonanggan Utara berinisiatif memfasilitasi internet gratis bagi pelajar.

"Semenjak pandemi Covid-19, semua sekolah menerapkan belajar online, tidak sedikit orang tua yang mengeluh pengeluaran membengkak untuk beli kuota. Padahal, mereka juga sedang kesulitan saat saat ini, dari situlah akhirnya kami membuat fasilitasi internet wifi gratis," tutur Ketua RT 4 RW4 Kebonan, Slamet Sugiarto, Senin (10/8/2020).

Terdapat tiga titik rumah warga yang dijadikan tempat belajar online dengan waktu belajar mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.00 serta sistem belajar secara bergantian.

"Setiap titik cukup untuk 5 sampai 10 orang, kami terapkan secara bergantian agar tidak berkerumun dan belajar tetap nyaman," jelasnya.

Karena berada di wilayah zona merah, pihaknya juga ketat menerapkan protokol kesehatan bagi siswa yang akan belajar online.

"Kami wajibkan untuk anak-anak memakai masker saat belajar, jaga jarak antar lainnya, dan kami sediakan tempat cuci tangan," ujarnya.

Agar tidak disalahgunakan, pihaknya juga memberikan aturan larangan untuk bermain game online serta mengakses hal yang tidak menyangkut tugas dan pelajaran sekolah.

"Kami persilahkan siapapun untuk menggunakan fasilitas ini, bukan hanya untuk warga sini saja, tapi memang tujuannya untuk belajar online jadi kami tidak perbolehkan bermain game dan lainnya yang tidak bermanfaat," imbuhnya.

Dia berharap dengan adanya fasilitas internet gratis ini, anak-anak tetap semangat untuk sekolah dan belajar online.
"Semoga apa yang kami berika bisa bermanfaat, dan tidak menyurutkan semangat siswa untuk tetap menimba ilmu meski di tengah pandemi," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: