Alhamdulillah, BLT DD untuk 135 KK Telah Disalurkan dengan Transparan

Alhamdulillah, BLT DD untuk 135 KK Telah Disalurkan dengan Transparan

PENYALURAN - BLT Dana Desa di Desa Pangkah mulai dicairkan ke warga, Kamis (14/5/2020) kemarin.

KARANGDADAP - Warga Desa Pangkah, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan akhirnya menerima pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), Kamis (14/5/2020). Bantuan itu bisa tersalurkan kepada warga terdampak Covid-19 atas kerja keras dan transparan yang dilakukan jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Kepala Desa Pangkah, Helwi melalui sekretaris Desa, Ahmad Muslih, mengatakan, total ada 135 kepala keluarga (KK) di desanya yang berhak atas BLT DD senilai Rp 600 ribu/bulan. Bantuan diberikan selama tiga bulan, yakni April-Juni 2020, sehingga total yang diterimakan sebesar Rp 1,8 juta.

"Hari ini tahap pertama untuk pendistribusian BLT Dana Desa bulan April. Pelaksanaan dilakukan di Balai Desa Pangkah, dan dimulai dari jam 09.00 pagi hingga siang jam 13.00 nanti," ungkapnya di sela pencairan bantuan.

Muslih memastikan, proses penyaluran BLT DD sendiri dilakukan dengan memperhatikan protokol pencegahan Covid-19. Mulai dari wajib pakai masker, cuci tangan bersih, cek suhu badan hingga pengaturan jarak (social/physical distancing). "Pelaksanaanya sesuai protokoler covid-19 mengingat penyalurannya sendiri dilakukan dengan tunai langsung ke penerima, "lanjutnya.

Dijelaskan, para penerima BLT DD dipastikan adalah warga miskin dan terdampak Covid-19. Selain itu, 135 KK tersebut juga belum mendapatkan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) lainnya.

Pihaknya berharap, bantuan tersebut dapat sedikit meringankan masyarakat secara ekonomi di tengah pandemi virus corona. "Harapannya bisa membantu warga dalam segi ekonomi karena dampak dari corona ekonomi warga jadi banyak yang menganggur dan ekonomi menurun. Dan untuk BLT bulan Mei nanti di akhir bulan atau awal bulan Juni, soalnya tidak bisa dirapel," tandasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: