Rapid Test Reaktif, 16 Pedagang dan Pembeli dari 3 Pasar di Batang, Hari Ini Kembali Jalani Swab Test

Rapid Test Reaktif, 16 Pedagang dan Pembeli dari 3 Pasar di Batang, Hari Ini Kembali Jalani Swab Test

Bupati dan Wabup didampingi Kepala Dinas Kesehatan saat memantau Rapid Test massal di pasar Batang.

BATANG - Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, hari ini atau Kamis (28/5/2020) akan kembali melakukan Swab Test terhadap pedagang dan pembeli dari 3 pasar tradisional yang sebelumnya mengikuti Rapid Test massal.

Sebelumnya, 16 orang tersebut diketahui hasil Rapid Testnya menunjukan hasil reaktif (Covid-19) saat mengikuti tes di pasar Batang, Bandar dan Blado pada Rabu (27/5/2020). Mereka terdiri dari 5 orang dari pasar Batang, 4 orang pasar Bandar dan 7 orang pasar Blado.

"Kita hari ini akan akan melakukan Swab Test yang kedua untuk mereka yang sebelumnya dinyatakan Rapid Testnya reaktif. Swab Test sendiri akan dipusatkan di puskesmas Bandar 1," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Batang, dr Mukhlasin.

Mukhlasin menjelaskan, sebelumnya 16 orang tersebut sudah menjalani Swab Test usai diketahui hasil Rapid Tesnya reaktif. Namun sesuai dengan protokol yang ada, Swab Test dilakukan dua kali. Tujuanya sebagai hasil perbandingan.

"Sesuai protokol, Swab Test dilakukan dua kali, yaitu hari pertama dan kedua. Nantinya hasil dua kali Swab Test tersebut akan menjadi pembanding bagi tim dalam memutuskan status terhadap seorang pasien," jelas Mukhlasin.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Batang telah melakukan Rapid Test secara acak terhadap 300 pedagang dan pembeli yang ada di tiga pasar tradisional. Untuk pasar Batang, ada 150 orang yang menjalani Rapid Test dan 5 diantaranya menunjukan hasil reaktif.

Uji sample Rapid Test Pasar Blado sebanyak 43 orang negatif dan 7 orang reaktif. Pasar Bandar, sebanyak 96 orang negatif dan 4 orang reaktif. Bagi yang hasilnya reaktif, mereka pada hari itu juga langsung menjalani Swab Test dan hasilnya akan dikirim ke laboratorium di Semarang. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: