Dibuka Lagi, Posyandu di Rowokembu Disambut Antusias Warga

Dibuka Lagi, Posyandu di Rowokembu Disambut Antusias Warga

SUNTIK - Bidan Desa Rowokembu tengah melakukan penyuntikan imunisasi kepada bayi, Rabu, (10/6/2020).

WONOPRINGGO - Pemberlakukan pola hidup dan perilaku baru atau new normal di masa pandemi covid-19 mulai diterapkan dengan kembali aktifnya kegiatan kemasyarakatan, salah satunya kegiatan Posyandu Balita. Kegiatan inilah yang tengah dilakukan masyarakat Desa Rowokembu, Kecamatan Wonopringgo, kabupaten Pekalongan, sejak Selasa hingga Rabu (9-10/6/2020) kegiatan pelayanan bagi kesehatan bayi dilakukan. Bertempat di gedung Balai Desa Rowokembu, Posyandu Balita dilakukan seseui protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Desa Rowokembu, Mufreni mengatakan, kegiatan Posyandu Balita ini mulai aktif kembali bulan ini. Kegiatan yang sebelumnya dilakukan di tiap RT sekarang berpusat di Kantor balai desa. Kegiatan sendiri kembali dilakukan sesuai dengan instruksi dari pemerintah Kecamatan serta Puskesmas Wonopringgo.

"Ini sesui instruksi dari Bu Camat serta Puskesmas, mereka menyampaikan kesini bahwa kegiatan Posyandu Balita yang seharusnya di RT-RT, sekarang ditiadakan, tetapi dikumpulkan menjadi satu di balai desa. Dan itupun dibagi dua kelompok untuk hari kemarin dan hari ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Mufreni menjelaskan, antusiasme warga sangat tinggi, bahkan terlihat seperti biasa. Hal itu disebebkan karena warga tidak terlalu khawatir dengan pandemi selama mematuhi protokol kesehatan.

"Alhamdulillah lancar, antusiasme warg nampak terlihat. Meski di Rowokembu sempat ada isu yang terdeteksi nyatanya tak menyurutkan masyarakat untuk datang," terangnya.

Hal senada juga diiungkapkan Iis, Bidan Desa Rowokembu. Menurutnya, kegiatan Posyandu di Rowokembu merupakan yang pertama di masa pandemi di Kecamatan Wonopringgo. Pun Posyandu yang digelar hanya untuk bayi, balita dan ibu hamil, sementara lansia belum dilakukan karena merupakan kelompok rentan. "Ini kegiatan Posyandu Balita, di wabah Covid ini pertama buka. Dan Ini kegiatan imunisasi bayi dan balita serta ibu hamil,"ucapnya.

Posyandu di tengah pendemi justru sangat penting, sebab dengan imunisasi, kata dia, maka imun dan kekebalan tubuh bayi, balita dan ibu hamil bisa senantiasa terjaga.

"Soalnya kan imunisasi penting juga untuk memberi kekebalan. Jadi dirasa penting di tengah pandemi ini. Cuman tetap memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19 mula dari pakek masker pengunjungnya, jaga jarak, cuci tangan, terus pengukuran suhu, "
cetusnya.

Warga juga nampak antusias membawa balitanya untuk imunisasi. "Banyak pengunjungnya. Ngga ada ketakutan warga. Ibu-ibu antusias. Sebelum diadakan saja sudah pada nanya, kapan diadakan posyandu. Jadi ngga pada takut," imbuhnya.

Posyandu kali ini sama seperti biasa, tidak ada yang spesial dan tidak ada tambahan obat dan vaksin apapun. "Ini normal posyandu seperti biasanya tidak ada tambahan vaksin atau obat," imbuhnya.

Harapannya tentu dengan diadakanya kembali Posyandu Balita ini anak-anak semakin kebal daya tahan tubuhnya dari berbagai penyakit. Imun tubuh menjadi penting, terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: