Diizinkan Pulang Pihak Rumah Sakit, Ternyata Pria Ini Positif Covid-19, Akhirnya Dijemput Lagi

Diizinkan Pulang Pihak Rumah Sakit, Ternyata Pria Ini Positif Covid-19, Akhirnya Dijemput Lagi

Mobil ambulan dari RSUD Kalisari menjemput seorang pria dari rumahnya menggunakan protokol Covid-19. (Istimewa)

BATANG - Seorang warga Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, hasil Swab Testnya positif Covid-19. Pasien berusia 39 tahun yang berprofesi sebagai kernet angkutan umum tersebut kini tengah menjalani isolasi di RSUD Kalisari Batang.

Berdasarkan hasil tracking, pasien tersebut sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di RSUD Kalisari Batang selama 8 hari karena penyakit Tuberkulosis (TB). "Setelah menjalani perawatan dan dinyatakan sembuh, pasien tersebut diizinkan pulang oleh pihak rumah sakit," ungkap Bupati Batang, Wihaji saat memberikan keterangan di posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (24/4/2020).

Namun, lanjut Bupati, ternyata hasil Swab Testnya keluar dan dinyatakan positif Covid-19. "Begitu hasil Swab Testnya keluar dan positif, maka selanjutnya pasien tersebut dijemput oleh pihak RSUD Batang pada Kamis (23/4/2020) malam untuk menjalani perawatan intensif dan isolasi sesuai protap penanganan pasien Covid-19," jelasnya.

Selain melakukan perawatan, pihak rumah sakit juga melakukan tracking terhadap tim medis yang pernah menanganinya. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kontak dengan pasien yang dikhawatirkan bisa terjadi penularan.

"Disamping tim medis tracking juga dilakukan terhadap pihak keluarga dan warga yang pernah kontak dengan pesien tersebut. Termasuk melakukan isolasi mandiri bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien tersebut setelah pulang dari rumah sakit," beber Wihaji.

Ditambahkan, per hari Jumat (24/4/2020), jumlah warga yang positif Covid-19 di Kabupaten Batang bertambah dua orang. Selain warga yang berprofesi sebagai kernet tersebut, satu lainnya berprofesi sebagai dokter dan bekerja di rumah sakit yang ada di Batang. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: