Dirikan 'Rumah Semar', Polsek Pekalongan Selatan Ingin Anak-anak Tak Kecanduan Gadget

Dirikan 'Rumah Semar', Polsek Pekalongan Selatan Ingin Anak-anak Tak Kecanduan Gadget

LEMARI BUKU - Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol I Ketut Lanus menunjukkan lemari buku yang dipersiapkan untuk program Rumah Semar di mapolsek setempat, Rabu (4/3/2020). WAHYU HIDAYAT

KOTA - Polsek Pekalongan Selatan saat ini sedang merintis sebuah program dalam rangka meningkatkan minat masyarakat khususnya anak-anak agar gemar membaca dan terlepas dari kecanduan main gadget atau gawai.

Caranya, yakni dengan membuat program 'Rumah Semar', kependekan dari Rumah Semangat Membaca Anak dan Remaja. Rumah Semar ini didirikan di lingkungan Mapolsek setempat, dan menjadi secam rumah baca untuk masyarakat khususnya anak-anak.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez melalui Kapolsek Pekalongan Selatan Kompol I Ketut Lanus menuturkan, adanya Rumah Semar ini sekaligus menindaklanjuti sembilan Program Unggulan Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel. Dalam program unggulan tersebut, Rumah Semar menjadi program unggulan nomor satu dari Kapolda. Rumah Semar ini diharapkan ada hingga di tingkat Polsek.

"Rumah Semar ini maksud dan tujuannya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat khususnya anak-anak dan remaja, untuk gemar membaca dan menambah wawasan untuk masa depannya. Dengan begitu, harapannya mereka tidak mudah percaya dengan berita-berita hoax. Selain itu juga mengurangi anak-anak dan remaja untuk kecanduan main HP. Apalagi, kecanduan main HP atau gadget tidak baik untuk kesehatan," kata Kompol I Ketut Lanus, Rabu (4/3/2020).

Melalui program Rumah Semar ini, imbuh Lanus, nantinya Polsek Pekalongan Selatan akan mengundang anak-anak sekolah, dengan prioritas anak-anak PAUD, TK, dan SD untuk datang ke mapolsek dan membaca buku di situ.

"Mereka kita undang secara bergiliran minimal satu minggu ada tiga kali kegiatan membaca di Polsek Pekalongan Selatan," kata pria yang dalam waktu dekat akan pindah tugas menjadi Kapolsek Sumurpanggang Polres Tegal Kota ini.

Kompol Lanus menambahkan, pihaknya telah memerintahkan anggotanya yang mempunyai buku-buku bacaan anak-anak untuk dengan sukarela membantu dan mengisi koleksi buku di Rumah Semar Polsek Pekalongan Selatan.

Selain itu, pihaknya juga membuka kesempatan bagi masyarakat maupun instansi yang mau membantu menyumbangkan buku bacaannya untuk Rumah Semar di Polsek Pekalongan Selatan.

"Kami selaku Kapolsek mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas segala bantuan dan doa yang diberikan demi suksesnya program Rumah Semar ini," pungkasnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: