Longsor Kembali Hajar Desa Depok, 4 Rumah Rusak dan Jalan Lingkungan Hancur

Longsor Kembali Hajar Desa Depok, 4 Rumah Rusak dan Jalan Lingkungan Hancur

LONGSOR DUKUH KRAJAN - Longsor kembali terjadi di Desa Depok Kecamatan Lebakbarang. Kali ini terjadi di Dukuh Krajan. -Hadi Waluyo-

LEBAKBARANG - Bencana tanah longsor kembali menghajar Desa Depok, Kecamatan LEBAKBARANG, Kabupaten Pekalongan, Selasa (14/2/2023) petang. Longsor kedua kalinya dalam bulan Februari 2023 ini lebih parah dibandingkan longsor sebelumnya. Empat rumah warga rusak. Jalan lingkungan sepanjang 15 meter hancur tergerus longsor. Akses warga terputus.

 

Camat Lebakbarang, Paijal Imron didampingi Kades Depok Cipto, Rabu (15/2/2023), menerangkan, bencana tanah longsor susulan terjadi di Dukuh Krajan, Selasa, sekitar pukul 17.45 WIB. Longsor akibat hujan deras mengguyur wilayah pegunungan dari siang hingga sore hari.

 

"Longsor kali ini lebih parah dari longsor sebelumnya. Longsor mengakibatkan 4 rumah terdampak. Di antaranya 2 rumah tempat Bapak Rasidi dan Bapak Darun teras bagian depan ambruk beserta balkonnya," terang Paijal Imron.

 

Longsor di Desa Depok kali ini juga mengakibatkan jalan lingkungan di depan rumah tersebut sepanjang 15 meter longsor. Sehingga akses warga di pedukuhan itu putus total. Dua rumah warga di bawahnya juga terkena longsoran, yakni rumah Kusnoto dan Suworo. Akibatnya, rumah mengalami kerusakan cukup parah di bagian dapur.

 

Taksiran kerugian materi keempat rumah itu sekitar Rp 120 juta. Kerugian jalan lingkungan beserta taludnya sekitar Rp 150 juta. "Korban jiwa alhamdulillah nihil karena ketika hujan turun sudah diintruksikan untuk pindah sementara ke lokasi aman," kata dia.

 

POLRES TERJUNKAN PERSONEL

Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria, mengatakan, hujan lebat disertai angin kencang mengakibatkan longsor di Dukuh Krajan RT 2 RW 3 Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan. Menurutnya, ada 4 rumah terdampak longsor.

 

"Hari ini kita akan laksanakan evakuasi ke sana. Membantu para korban di sana. Ada sekitar empat rumah. Kita nanti kirim 30 personel Polres Pekalongan untuk membantu warga di sana. Kita juga akan lakukan bakti sosial," terang dia, kemarin pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: