Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinkes Sosialisasi Sembari Bagi Takjil

Peringati Hari Tuberkulosis Sedunia, Dinkes Sosialisasi Sembari Bagi Takjil

BAGI TAKJIL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan bersama bersama sejumlah organisasi menggelar sosialisasi TB sekaligus pembagian takjil.-Ainul Atho-

KOTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan bersama Puskesmas, Rumah Sakit, PPNI, dan Saka Bhakti Husada serta Koalisi Organisasi Profesi Indonesia Penanggulangan Tuberkulosis (KOPI TB) Kota Pekalongan melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyakit TB pada Masyarakat melalui pembagian leaflet dan pembagian takjil.

 

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyakit TB pada Masyarakat.

 

Programmer Pencegahan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Pekalongan, Indayah Dewi mengatakan, ada sejumlah kegiatan dilaksanakan untuk memperingati TB Day. "Dalam memperingati TB Day Dinkes melaksanakan pra kegiatan TB Day dengan grebek TB pagi pasien dan dikirim ke Laboratorium Pekalongan, dan melaksanakan sosialisasi kader pada tanggal 14 dan 21 Maret 2023, serta beberapa agenda kegiatan lain," terang Indayah. 

 

Kegiatan tersebut di laksanakan di empat lokasi di Kota Pekalongan, di antaranya yaitu di Perempatan Ponolawen, Simpang 5 (Tugu Perahu), Jl Nusantara (Depan Gapura Nusantara/Plaza Pekalongan), dan Lapangan Sorogenen. "Pada kegiatan ini Dinkes bekerjasama dengan MSI, PPNI, Puskesmas dan Rumah Sakit di Wilayah Kota Pekalongan dengan perkiraan ada 80 orang dengan 400an takjil," beber Indayah. 

 

Disampaikan Indayah bahwa persiapan logistik takjil dilakukan swadaya peserta pembagian takjil. "Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit TB dalam menuju Indonesia eliminasi TB 2030. Serta meningkatan pengetahuan masyarakat tentang Penyakit TB," ungkap Indayah. 

 

Diterangkan Indayah, TB di WIlayah Kota Pekalongan ada 1.034, dengan kemungkinan 1 pasien TB ini dapat menyebarkan ke 10 pasien lainnya. Sementara 3 bulan di Tahun 2023 ini mengalami penurunan dibandingkan pada awal tahun di tahun 2022 kemarin. (nul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: