Polisi Siapkan 270 Pospam dengan 20 Ribu Personel

Polisi Siapkan 270 Pospam dengan 20 Ribu Personel

BERI KETERANGAN - Kepala Polda Jateng Irjen Achmad Lutfhi usai memimpin gelaran Konferensi Pers di Mapolres Batang, Selasa (11/4/2023).-Dhia Thufail-

BATANG - Kepolisian Daerah Jawa Tengah akan menyiapkan 270 Pos Pengamanan (Pospam) saat arus mudik dan balik Lebaran 2023. Untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik ini juga Polda siap mengerahkan total 20.000 personel.

 

"Ya, kami akan mendirikan pospam, pos pelayanan, dan pos terpadu. Pos pos tersebut kami sebar di jalur Pantura, jalur Tol, dan jalur Selatan," ungkap Kepala Polda Jateng Irjen Achmad Lutfhi usai memimpin gelaran Konferensi Pers di Mapolres Batang, Selasa (11/4/2023).

 

Selain itu, kata Kapolda, pihaknya juga akan menyiagakan 20.000 personel yang akan bertugas menjaga arus mudik dan balik pada Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. "Para personel akan kami siagakan di Pospam, Posyan, dan Pos Terpadu itu," kata kapolda.

 

Masih kata kapolda, bahwa Mabes Polri juga akan menerapkan sistem satu arah (one way) apabila terjadi kepadatan arus mudik kendaraan di jalur tol.

 

"Jadi kapan akan diterapkannya 'one way' di jalur tol, itu akan dikendalikan oleh Mabes Polri. Polda Jateng, hanya menyiapkan one way lokal saja," katanya.

 

Dikatakan dia, apabila dari Palimanan (Jabar) sampai dengan Kalikangkung (Semarang) sudah dibuat sistem satu arah, namun masih terjadi kepadatan arus mudik kendaraan, maka Polda Jateng akan memperpanjang sistem satu arah hingga Bawen (Salatiga).

 

"Semua jalur memiliki risiko kepadatan (di tol maupun pantura). Seperti halnya, di jalur pantura ada pasar tumpah, perlintasan jalur rel kereta api," katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: