Mudik Lebaran Tahun Ini Jadi yang Terbesar, 123,8 Juta Warga Lakukan Perjalanan Pulang Kampung

Mudik Lebaran Tahun Ini Jadi yang Terbesar, 123,8 Juta Warga Lakukan Perjalanan Pulang Kampung

Penumpukan kendaraan sempat terjadi di gerbang tol meskipun pihak kepolisian sudah memberlakukan sistem One Way.-Foto Jasa Marga-disway.id

JAKARTA - Arus mudik lebaran tahun ini menjadi yang terbesar, dengan jumlah pemudik yang pulang kampung mencapai 123,8 juta orang.

Jumlah tersebut sebanding dengan 46 persen jumlah penduduk Indonesia saat ini.

"Hal itu berarti hampir setengah penduduk Indonesia melakukan perjalanan melakukan mobilitas antarkota selama libur lebaran," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Terminal Alang Alang Lebar (AAL) di KM 12 Kota Palembang, Sabtu 29 April 2023.

Budi menjelaskan, pada tahun ini pergerakan masyarakat antar daerah mengalami peningkatan yang signifikan. Moda transportasi yang dipilih pun beragam, baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

Untuk jalur darat, Budi menyebutkan bahwa penggunaan jalan tol mengalami kenaikan mencapai 60 persen, begitu juga jalur laut naik 60 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Tidak hanya itu, pengguna LRT juga juga ada peningkatan sebesar 30 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Meskipun jumlah pemudik mengalami kenaikan signifikan, namun Alhamdulillah mudik terbesar tahun ini berjalan dengan aman," kata Budi Karya, seperti dikutip dari jpnn. 

Pihak Kementerian Perhubungan sendiri memperkirakan lonjakan mobilitas masyarakat akan terus terjadi, karena puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada 30 April 2023 atau hari ini hingga 1 Mei 2023 besok.

"Waktu mudik diperpanjang hingga 1 Mei, sehingga dari apa yang kami petakan, puncak arus balik, akan terjadi besok (hari ini) dan lusa (Minggu dan Senin ). Jumlah mobilitas warga akan kembali mengalami kenaikan," jelasnya.

Untuk itu, Budi Karya meminta para pemudik agar berhati-hati dan sabar saat dalam oerjalanan.

"Kami ingatkan para pemudik agar bisa sabar dan bisa memanage diri saat berada di jalan, karena ini puncaknya, sehingga arus kendaraan akan padat," tandas Budi Karya Sumadi. (dwh/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: