Ratusan Balon Udara dan Petasan Jumbo Disita

Ratusan Balon Udara dan Petasan Jumbo Disita

DISITA - Ratusan balon udara betikut tungkunya dan petasan berbagai ukuran disita jajaran Polres Pekalongan Kota, TNI, dan instansi terkait dari berbagai lokasi di Kota Pekalongan dan Kecamatan Buaran serta Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, jelang Sy-Wahyu Hidayat-

PEKALONGAN – Ratusan balon udara dan petasan berbagai ukuran disita jajaran Polres Pekalongan Kota dari berbagai lokasi di Kota Pekalongan dan Kecamatan Buaran serta Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan.

 

Penyitaan ratusan balon udara dan petasan itu dilakukan dalam operasi gabungan yang digelar TNI, Polri, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Satpol PP dan Trantib, dan pihak terkait dalam kurun beberapa hari terakhir, utamanya menjelang tradisi Syawalan Idulfitri 1444 Hijriah/2023 Masehi hingga Minggu pagi. (30/4/2023).

 

Barang bukti balon udara liar yang belum sempat diterbangkan, berikut puluhan tungku atau cerobongnya, serta ratusan petasan atau mercon berbagai ukuran itu sudah diamankan di Mapolres Pekalongan Kota untuk kemudian dimusnahkan.

 

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, didampingi segenap Pejabat Utama atau PJU Polres, dalam konferensi pers di mapolres setempat, Minggu pagi (30/4/2023), menerangkan jajarannya bersama TNI, Satpol PP, dan instansi terkait telah menggencarkan razia balon udara liar dan petasan di Kota Pekalongan serta Kecamatan Tirto dan Buaran Kabupaten Pekalongan.

 

Selama Ramadan kemarin pun Polres Pekalongan Kots, Kodim 0710/Pekalongan, Pemkot Pekalongan, dan instansi terkait telah memasang berbagai spanduk imbauan, pamflet, dan larangan penerbangan balon udara liar dan aktivitas membuat maupun menyalakan petasan.

 

Anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga sudah rutin melakukan sambang di wilayah desa atau kelurahan binaan untuk mengimbau warga agar tidak menerbangkan balon udara liar dan membuat serta menyalakan petasan.

 

"Operasi gabungan sudah kita laksanakan sejak Ramadan dan lebih intensif lagi tiga hari menjelang Syawalan, lalu Jumat dan Sabtu kemarin, bahkan sampai Minggu pagi ini," kata Kapolres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: